Rabu, 28 September 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Musda REI Jatim, Pakde Beri Solusi Atasi Masalah Properti

Berita Terkait

MUSDA REI JATIM: Gubernur Jatim, Soekarwo (kanan) membuka Musda REI Jatim 2017 di Surabaya, Rabu (30/8). | Foto: IST
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pertumbuhan properti (perumahan) sedang lesu. Gubernur Soekarwo menawarkan dua solusi: Suku bunga murah dan pengurangan pajak.

“Kalau ingin menyelesaikan masalah perumahan, agar fokus pada suku bunga murah dan pengurangan pajak,” ujar Gubernur Jatim, Soekarwo saat membuka Musda REI Jatim 2017 di Surabaya, Rabu (30/8).

Menurut Pakde Karwo, sapaan akrabnya, melalui dua cara tersebut maka properti akan jalan karena masyarakat bisa membeli rumah dengan harga lebih terjangkau.

Bunga murah yang dimaksud gubernur, yakni pada kisaran satu digit. Nah, permasalahan yang terjadi saat ini suku bunga perumahan berada di kisaran 14-18 persen.

• Baca: Era Globalisasi, Kadin-HIPMI Diminta Ikut Urus UMKM

“Ini yang membuat properti tidak bisa jalan. Kondisi ini berbeda dengan negara lain, dimana properti justru didorong dengan suku bunga murah,” jelasnya, sambil mencontohkan beberapa negara yang menerapkan strategi tersebut di antaranya Australia dan Selandia Baru.

Dalam kesempatan tersebut, Pakde Karwo juga menjelaskan tantangan sekaligus peluang bagi para calon ketua REI Jatim masa bakti 2017-2020 “Caranya, masukkan negosiasi dengan pemerintah pusat sebagai salah satu program,” ujarnya.

Dia menambahkan, negosiasi yang perlu dilakukan adalah melakukan restrukturisasi moneter, melalui penurunan suku bunga murah dan pengurangan pajak.

Pembangunan Rumah Rakyat

Sementara itu dalam sambutannya Ketua Umum DPP REI, Soelaeman Soemawinata menjelaskan organisasi yang dipimpinnya memfokuskan program pada pembangunan rumah rakyat, sebagai langkah menyukseskan program pemerintah mewujudkan satu juta rumah rakyat.

Untuk itu, REI mengambil sikap menjadi garda terdepan dalam membangun rumah rakyat. Sikap ini juga bertujuan untuk memberikan semangat kepada anggota REI. “Sebagai garda terdepan, kita perlu back-up dari seluruh stakeholder yang ada seperti perbankan, infrastruktur, perizinan dan lain-lain,” tuturnya.

Agenda dalam Musda ini, selain melakukan evaluasi program juga pemilihan ketua DPD REI Jatim. Ada tiga calon yang akan bersaing, yakni Wasito Agus Purnomo, Nurwakhid dan dan Danny Wahid.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -