Meja KPU Jatim Masih Sepi Pendaftaran Caleg

PENDAFTARAN CALEG MASIH SEPI: Muhammad Arbayanto, pendaftaran Caleg harus dilakukan secara menyeluruh dan langsung. | Foto: IST
PENDAFTARAN CALEG MASIH SEPI: Muhammad Arbayanto, pendaftaran Caleg harus dilakukan secara menyeluruh dan langsung. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Meja pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) dari Parpol di KPU Jatim masih sepi. Partai Amanat Nasional (PAN) yang kabarnya akan mendaftar pada 12 Juli juga tidak terlihat.

“Belum ada yang mendaftar. PAN yang kabarnya tanggal 12 (Juli) juga tak ada. Sebelumnya ada kabar Perindo mendaftar tanggal 9 Juli juga tidak ada. Mungkin mereka masih menyiapkan berkas-berkasnya,” ujar salah seorang staf di meja pendaftaran Caleg, Jumat (13/7).

Menurut Komisioner Bidang Logistik KPU Jatim, Muhammad Arbayanto sampai saat ini memang belum ada yang mendaftar. Apalagi pendaftaran Caleg harus dilakukan secara menyeluruh dan langsung.

• Baca: Dicari! 2 Calon Komisioner KPU Jatim yang Paham Kepemiluan

“Pendaftaran dilakukan Parpol dengan mengajukan semua Caleg dari semua Dapil. Jadi tidak boleh kancrit-kancrit, harus lengkap semua Dapil dan pengajuannya satu kali dalam masa pengajuan,” paparnya.

Lantaran setiap Caleg tidak bisa mendaftarkan dirinya langsung ke KPU Jatim alias semua dicover partainya, sehingga berkas yang diajukan sudah fix termasuk nama Caleg setiap Dapil.

“Perbaikan dokumen syarat calon memang masih bisa dilakukan. Tapi syarat pencalonannya sekali (sudah lengkap) termasuk list Calegnya masuk dalam dokumen pencalonan hanya sekali,” terangnya.

• Baca: 8 Elemen Soroti Rekrutmen Anggota KPU-Bawaslu di Jatim

Mungkinkah Parpol baru akan mendaftarkan bakal Calegnya di hari terakhir pendaftaran? Arbayanto mendapat info dari Biro Teknis KPU RI, kalau Sabtu (14/7) besok Partai Demokrat akan melakukan pendaftaran serentak mulai pusat hingga tingkat cabang.

Sepeti diberitakan, pendafataran Caleg untuk DPRD provinsi dibuka sejak 4 hingga 17 Juli. DPD RI dibuka 9 hingga 11 Juli, sedangkan perbaikan syarat dilakukan pada 22 hingga 30 Juli.