Lowongan ASN Pemprov, Kepala BKD: Jangan Percaya Calo

| Ilustrasi: Tes CPNS
| Ilustrasi: Tes CPNS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Tahun ini, pendaftaran Aparatur Sipil Negara (ASN) kembali dibuka. Pemprov Jatim mendapat kuota formasi 2.065 orang yang didominasi tenaga pengajar dan kesehatan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim, Anom Surahno pun mengimbau agar masyarakat berhati-hati jangan sampai tertipu orang yang mengaku bisa memasukkan tanpa tes. Ini karena tes masuk ASN semuanya menggunakan sistem online.

“Semua sistem sudah online, verifikasinya online, tesnya juga menggunakan sistem online menggunakan CAT (Computer Assisted Test). Karena itu jangan percaya dengan orang yang mengaku bisa mengupayakan lolos. Karena ini orang bertemu dengan sistem,” tuturnya saat dikonfirmasi, Rabu (19/9).

• Baca: Rekrutmen ASN Pemprov, Kemenpan Lambat Beri Jawaban

Informasi terkait syarat pendaftaran dan formasi yang lowong diumumkan mulai Rabu (19/9) hari ini. Setelah diumumkan selama sepekan, pendaftaran calon ASN secara resmi akan dibuka pada 26 September.

“Pendaftarannya masih seminggu lagi,” katanya, sembari mengarahkan masyarakat dapat mengakses laman www.bkd.jatimprov.go.id atau www.sscn.bkn.go.id.

Anom menambahkan, dari kuota formasi 2.065 orang, paling dominan yakni tenaga guru yang mencapai 826 orang. Selain guru, formasi yang terbuka juga diperuntukkan bagi tenaga kesehatan 797 orang dan tenaga teknis lainnya 442 PNS.

• Baca: ‘Tercekik’ Moratorium, Pemprov Kekurangan 5.500 Pegawai

Sebelumnya, imbuan juga disampaikan Gubernur Jatim, Soekarwo. Masyarakat diminta tidak mudah tertipu, karena titik rawan dalam seleksi ini justru pada kompetensi pelamar yang akan menghadapi tes menggunakan CAT.

“Jangan sampai tertipu dua kali. Satu tertipu tidak mungkin, dua tertipu karena sudah bayar. Karena itu prosesnya langsung, multiple channel dan CAT,” tandasnya.

» Baca Berita Terkait Pemprov Jatim, ASN