Kurangi Pengangguran, Pemprov Siapkan Magang Lewat CSR

MANFAATKAN CSR: Himawan Estu Bagijo, kurangi pengangguran di Jatim dengan memanfaatkan CSR. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
MANFAATKAN CSR: Himawan Estu Bagijo, kurangi pengangguran di Jatim dengan memanfaatkan CSR. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sejumlah langkah dilakukan Pemprov Jatim untuk mengurangi angka pengangguran. Salah satunya lewat Program Magang (Promag) dengan memanfaatkan CSR (Corporate Social Responsibility).

“Kami akan menyiapkan program magang yang memanfaatkan CSR dari perusahaan di Jatim,” terang Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim, Himawan Estu Bagijo, Minggu (4/11).

Program ini dinilai bisa menyalurkan ribuan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk bekerja di berbagai perusahan di dalam maupun luar negeri.

• Baca: Naik Rp 121 Ribu, UMP 2019 Jatim Ditetapkan Rp 1,6 Juta

“CSR dijadikan bentuk magang akan lebih bermanfaat untuk menurunkan angka pengangguran di Jatim. Langkah ini juga bisa menyalurkan skill yang dimiliki lulusan SMK,” paparnya.

Himawan yakin Promag akan sukses menyalurkan lulusan SMK ke perusahan-perusahaan besar. Selain itu, program yang masuk Top 99 Inovasi Layanan Tingkat Nasional ini juga membuka kesempatan bagi perawat Jatim untuk bekerja di Jepang.

Menurut Himawan, saat ini ada 40 perawat asal Jatim yang tengah mengikuti seleksi untuk dinyatakan layak diberangkatkan ke Negeri Sakura.

• Baca: Kabil Mulai ‘Bernyanyi’ soal Suap di Komisi B DPRD Jatim

“Selain lulusan SMK yang bekerja magang di sektor industri dan bidang lain, Jepang juga menghendaki pengiriman perawat khusus dari Jatim,” terang mantan kepala Biro Hukum Pemprov Jatim itu.

Puluhan calon perawat ini diminati Jepang, karena tenaga paramedis dari Jatim dikenal lembut dan telaten dalam merawat pasien. “Satu lagi yang paling dikagumi dari perawat Jatim adalah sabar,” tandas Himawan.

» Baca Berita Terkait Pemprov Jatim, Disnakertrans Jatim