Konferwil Digelar Juli, Skenario: Gus Abid Ketua Ansor Jatim

SIAP PIMPIN ANSOR JATIM: Gus Abid, siap pimpin Ansor Jatim jika diberi amanah, kesempatan dan rekomendasi cabang-cabang untuk maju. | Foto: Barometerjatim.com/DOK
SIAP PIMPIN ANSOR JATIM: Gus Abid, siap pimpin Ansor Jatim jika diberi amanah, kesempatan dan rekomendasi cabang-cabang untuk maju. | Foto: Barometerjatim.com/DOK

SURABAYA, Barometerjatim.com – Desakan agar PW GP Ansor Jatim segera menggelar Konferensi Wilayah (Konferwil) — karena periodesasi habis sejak 26 Desember 2017 dan SK penunjukan berakhir 27 Februari 2018 — kemungkinan baru terwujud Juli 2018 atau usai Pilgub Jatim.

Hal itu diungkap Wakil Ketua PW GP Ansor Jatim hasil SK Penunjukan Nomor 0933/PP/SK-01/XII/2017, Khoirul Huda. “Sebelum puasa, kalau tidak salah Senin (14/5) kita sudah undang PC (pimpinan cabang) untuk persiapan Konferwil dan forum menyepakati Juli,” katanya saat dihubungi Barometerjatim.com, Senin (21/5).

Pertemuan tersebut dipimpin Rudi Triwahid (ketua Ansor Jatim) dan dihadiri empat pengurus lainnya, yakni Khoirul Huda, Mohammad Abid Umar Faruq (sekretaris), Muhadi (wakil sekretaris) dan Salam (bendahara).

• Baca: Rudi Jangan Keburu ‘Kabur’, Ansor Jatim Konferwil Dulu

Namun Huda menegaskan, kesepakatan menggelar Konferwil pada Juli nanti baru hasil kesepakatan dari forum yang digelar PW dan para PC. “Belum disampaikan ke PP, baru internal PW dan PC-PC, karena kita masih menunggu bagaimana keputusan PP, apakah mau di-caretaker atau ada SK penunjukan lagi,” jelasnya.

Huda menambahkan, dalam forum yang dihadiri 28 PC, dari total 42 PC se-Jawa Timur, juga disepakati untuk merekomendasi Mohammad Abid Umar Faruq alias Gus Abid sebagai satu-satunya calon yang akan diajukan.

Bahkan penegasan itu disampaikan sendiri oleh Rudi dalam forum. “Ketua Rudi mengatakan, dalam Konferwil kita buat damai dengan memunculkan satu calon saja, yaitu sahabat Abid Umar. Teman-teman PC ya oke, hanya dua yang tidak setuju, Batu sama Lamongan,” beber Huda.

• Baca: Ansor Jatim ‘Tabrak’ Aturan, Desakan Konferwil Kian Menguat

Apakah Gus Abid dalam forum tersebut menyatakan kesiapannya menerima rekomendasi dari mayoritas PC? “Ya Gus Abid siap saja, rekomendasi itu kan bentuk dukungan,” ucapnya.

Saat ditanya mengapa Juli, apa tidak khawatir dicurigai publik kalau Ansor Jatim akan dijadikan ‘kendaraan’ terlebih dahulu untuk mendukung salah satu paslon di Pilgub Jatim 2018 yang digelar 27 Juni?

“Ya enggak dicurigai lagi, sampai saat ini kan memang dibuat kendaraan Gus Ipul. Bagi yang ngikut ya, kan banyak juga yang enggak ngikut, termasuk saya,” tandasnya.

Gus Abid ‘Puasa Komentar’

Sementara Gus Abid saat dikonfirmasi terkait kesediannya dicalonkan sebagai ketua Ansor, memilih ‘puasa komentar’. “Saya tidak mau komentar dulu soal Ansor,” kata cucu KH Zainuddin Djazuli, pengasuh Ponpes Al Falah, Ploso, Kediri tersebut.

Namun dalam wawancara sebelumnya, April lalu, Gus Abid menyatakan kesiapannya kalau diberi rekomendasi. Namun untuk mencalonkan diri, tidak! Sebab di Ansor tidak ada tradisi untuk memajukan diri sebagai ketua.

“Tapi kalau saya diberikan amanah, diberikan kesempatan dan direkomendasi cabang-cabang untuk maju, ya saya akan siap saja,” katanya saat itu.

• Baca: Direkomendasi 25 Cabang, Gus Abid Siap Pimpin Ansor Jatim

Gus Abid juga menegaskan, sudah puluhan PC dan ratusan Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang memberikan rekomendasi agar dirinya maju di bursa ketua Ansor Jatim.

“Kalau saya dicalonkan kan sudah ada 25 cabang yang memberikan rekomendasi. Hampir 300 anak cabang juga, tinggal nunggu waktunya saja lah,” katanya.

Sosok milenial (29 tahun) itu menambahkan, “Di Jatim total ada 42 cabang dan sekitar 658 anak cabang, mereka ini yang punya hak suara untuk memilih ketua di Konferwil,” tandasnya.