Kikis Kesenjangan, Emil: Bangun Ekonomi dari Segala Penjuru

HAPUS KESENJANGAN EKONOMI: Emil Dardak melakukan kunjungan di Desa Golokan, Sidayu, Kabupaten Gresik, Minggu (10/6) malam. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
HAPUS KESENJANGAN EKONOMI: Emil Dardak melakukan kunjungan di Desa Golokan, Sidayu, Kabupaten Gresik, Minggu (10/6) malam. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

GRESIK, Barometerjatim.com – Cawagub Jatim nomor satu, Elestianto Elestianto Dardak menegaskan komitmennya untuk melakukan pemerataan ekonomi di Jatim, agar kesenjangan antara wilayah utara dan selatan terkikis.

Menurutnya, upaya pengembangan wilayah selatan bukan untuk membuat persaingan antara utara dan selatan, melainkan memperluas jangkauan perekonomian Jatim.

“Saya tadi bercerita kepada warga masyakat Gresik, Jatim ini harus dibangun dari segala penjuru,” katanya saat melakukan kunjungan di Desa Golokan, Sidayu, Kabupaten Gresik, Minggu (10/6) malam.

• Baca: Perkuat Visi Kelautan, Emil Berbecek-becek di TPI Prigi

Bupati non aktif Trenggalek itu menandaskan, jangan dikira kalau upaya membangun wilayah selatan membuat utara menjadi merugi. Justru pembangunan di selatan akan memperkokoh ekonomi Jatim.

“Sehingga utara bisa lebih mendorong ekonominya lebih baik lagi, karena selatan bisa menjadi mitra yang lebih kokoh,” tegas Cawagub pasangan Cagub Khofifah Indar Parawansa tersebut.

Emil menambahkan, upaya mewujudkan pemerataan ekonomi dengan membangun kawasan selatan bukanlah mimpi kosong. Dia sudah melakukannya bersama sejumlah kepala daerah dengan membuat petisi, untuk membangun pelayaran perintis selatan Jawa yang akhirnya membuahkan hasil.

Berawal dari petisi tersebut, pada 9 Juni 2018 telah diresmikan pelayaran perintis selatan Jawa di Cilacap dengan pelayaran perdana mengangkut semen dari Cilacap menuju Banyuwangi dan Bali.

• Baca: Bukan Janji! Emil Sudah Mulai Kembangkan Kawasan Selatan

“Ke depannya akan diikuti dengan  pembangunan beberapa pelabuhan di selatan Jawa, salah satunya Pelabuhan Niaga Prigi di Trenggalek,” paparnya.

Sementara itu Samuel, tokoh masyarakat Golokan sangat mengapresiasi komitmen Emil dalam membangun Jatim ke depan. Menurutnya, Emil memang pribadi cerdas dan memiliki kredibilitas luar biasa. Apalagi, menurutnya, suami Arumi Bachsin itu memiliki jejak prestasi nyata yang dapat dirasakan.

“Saya hanya berharap pasangan ini dapat memimpin Jatim. Kapasitas dan integritas keduanya sudah teruji sekali,” tegasnya.