Khofifah Dukung Jokowi, Muslimat NU? Tunggu Dulu!

SELAMATAN RELAWAN: Khofifah-Emil memberi apresiasi yang tinggi kepada para relawan dalam acara selamatan di JX International, Jalan A Yani, Surabaya, Sabtu (8/9). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
SELAMATAN: Khofifah-Emil memberi apresiasi yang tinggi kepada para relawan dalam acara selamatan di JX International, Surabaya, Sabtu (8/9). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Meski menegaskan dukungannya untuk Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019, Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa belum berani menggaransi kalau keputusannya tersebut merepresentasikan seluruh relawannya di Pilgub Jatim 2018, termasuk warga Muslimat NU.

“Tunggu-tunggu! Saya menyampaikan kalau saya berseiring dengan Pak Jokowi,” jawab Khofifah saat ditanya arah dukungan relawannya di Pilpres 2019 usai menghadiri acara Selamatan Relawan Khofifah-Emil di JX International, Jalan A Yani, Surabaya, Sabtu (8/9).

Nah, tambah Khofifah, “Relasi-relasi, aliansi-aliansi, afiliasi-afilisi, tentu kita akan membangun komunikasi kembali. Intensitas dan interaksi komunikasi itu akan ter-update oleh teman-teman dalam waktu yang insyaallah tidak terlalu lama.”

• Baca: Pemilu! Khofifah: Perempuan Susah Pindah ke Lain Hati

Saat dipertegas, apakah arah dukungan relawan akan tetap ke Jokowi, lagi-lagi Khofifah belum memastikan. “Saya tidak bisa merepresentasikan dari semua relawan. Saya menyampaikan: Saya berseiring dengan pemenangan Pak Jokowi-Kiai Makruf,” tandasnya.

Begitu pula dengan Muslimat NU. Khofifah menyebut masih butuh komunikasi lebih intens dengan para pengurus maupun warga dari jamiyah yang dipimpinnya tersebut. “Beri kesempatan saya untuk berkomunikasi dengan seluruh elemen Muslimat NU,” katanya.

• Baca: Kiai Pendukung Khofifah-Emil: Wis Wayahe Prabowo Presiden

Meski demikian, hampir seluruh ketua dan sekretaris pimpinan cabang (PC) maupun pimpinan wilayah (PW) turut hadir saat kunjungan Jokowi di Ponpes Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto, Kamis (6/9) lalu. “Artinya mereka mengetahui berbagai hal yang akhir-akhir ini menjadi diskursus kita semua,” katanya.

Mereka mendapat jawaban langsung dari Jokowi saat menjawab pertanyaan-pertanyaan tajam dari salah seorang kiai terkait berbagai hal. Mulai isu Bahan Bakar Minyak (BBM), kepemilikan tanah oleh asing, hingga tenaga kerja asing.

APRESIASI UNTUK PARPOL: Khofifah-Emil juga memberi apresiasi yang tinggi kepada para Parpol pengusung. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
APRESIASI UNTUK PARPOL: Khofifah-Emil juga memberi apresiasi yang tinggi kepada para Parpol pengusung. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

“Menurut mereka jawaban Pak Jokowi sangat clear, sangat cool, bisa memberikan jawaban seperti yang mereka harapkan bahwa ada jawaban yang detail, terang, clear, karena mereka akan menjadi narasumber dari seluruh santri-santri dan komunitas yang ada di lingkungannya,” papar Khofifah.

• Baca: Kiai Ma’ruf Mundur dari Rais Aam Setelah Resmi Cawapres

Pertanyaan-pertanyaan tajam itu pula, terang mantan Manteri Sosial tersebut, yang sering diterima kiai dan pengurus Muslimat NU baik di tingkat wilayah maupun cabang dari para tamu, santri serta komunitas saat bersilaturahim.