Kebijakan Pertanian dan Pangan, Sandi ‘Haram’ Intervensi Asing!

SANDI BERSAMA PETANI LAMONGAN: Sandiaga Uno saat menemui para petani di Desa Besur, Kecamatan Sekaran, Lamongan, Selasa (4/12). | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
SANDI BERSAMA PETANI LAMONGAN: Sandiaga Uno saat menemui para petani di Desa Besur, Kecamatan Sekaran, Lamongan, Selasa (4/12). | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR

LAMONGAN, Barometerjatim.com – Cawapres nomor urut dua, Sandiaga Uno berkomitmen tidak mengimpor beras serta menolak intervensi asing dalam kebijakan pertanian dan pangan.

“Demi kesejahteraan petani,” katanya saat berkunjung ke Lamongan menemui para petani di Desa Besur, Kecamatan Sekaran, Lamongan, Selasa (4/12).

Sandi — sapaan Sandiaga — menilai, kebijakan mengimpor beras dirasa akan memberatkan petani dalam negeri dan akan berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan petani, terlebih impor beras dilakukan saat musim panen.

• Baca: Idola Baru Emak-emak, Sandi Dititipi Baju untuk Mpok Nur

“Hasil panen petani harus kita beli dengan harga yang layak. Jangan malah impor beras pas musim panen, harga akan jeblok dan memperberat petani. Itu kebijakan kami pasangan Prabowo-Sandi nantinya,” janjinya.

Menurutnya, kebijakan tidak mengimpor beras tersebut dapat berjalan dengan cara mendorong produktivitas petani,  sehingga petani dapat mencukupi ketersediaan pangan dalam negeri.

Apalagi di negara agraris, katanya, produktivitas sektor pertanian dan ketersediaan pangan seharusnya dapat tercukupi. Seperti halnya di Lamongan produktivitas padi mengalami surplus setiap tahunnya, bahkan nomor dua tingkat nasional.

• Baca: Pengamat: Reuni 212 Beri Prabowo Insentif Elektabilitas

“Kalau petani bisa menyediakan dengan harga yang layak dan dapat meningkatkan kejahterakan petani, buat apa kita harus impor beras,” ucapnya.

Selain itu, mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu menolak intervensi asing dalam kebijakan pertanian nantinya. “Pak Prabowo dan saya menolak intervensi asing,” tegasnya.

Usai bertemu para petani di Lamongan, romobongan Sandi melanjutkan kunjungannya ke sejumlah tempat di Lamongan, di antaranya berziarah ke Makam Sunan Drajat dan bersilaturahim ke Ponpes Sunan Drajat di Kecamatan Paciran.

» Baca Berita Terkait Sandiaga Uno, Pilpres 2019