Jelang Coblosan, Kiai Ma’shum: Insyaallah Mas Emil Wagub

SOWAN KIAI MA'SHUM: Emil Dardak diterima KH M Ma'shum saat sowan ke Ponpes Al Ishlah Grujukan, Bondowoso, Sabtu (2/6). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
SOWAN KIAI MA’SHUM: Emil Dardak diterima KH M Ma’shum saat sowan ke Ponpes Al Ishlah Grujukan, Bondowoso, Sabtu (2/6). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

BONDOWOSO, Barometerjatim.com – Cawagub Jatim, Emil Elestianto Dardak mengunjungi Ponpes Al Ishlah Grujukan, Bondowoso, Sabtu (2/6) malam. Secara khusus, kehadirannya diterima pengasuh Ponpes, KH M Ma’shum.

Emil sempat berbuka puasa bersama dengan ribuan santri dan kiai kampung se-Kabupaten Bondowoso. Setelahnya, suami Arumi Bachsin itu diajak kiai kharismatik Tapal Kuda tersebut menuju ke kediamannya.

Kiai Ma’shum dikenal sebagai sosok pejuang yang tak pernah lelah terutama dalam membimbing, berdakwah dan ngaji bateng dengan para santri dan warga sekitar Ponpes, meski kadang dalam kondisi fisiknya yang kurang sehat.

• Baca: Ngaji Bareng Cak Nun, Emil Ajak Hadapi Revolusi Industri 4.0

“Setiap apa yang kita perbuatan itu pasti ada hikmahnya. Terus berdzikir, mohon kepada Allah Swt agar diberi kelancaran,” tutur Kiai Ma’shum menasihatkan prinsip mulia hidupnya kepada Emil.

Tak hanya memberikan nasihat, Kiai Ma’shum juga mendoakan bupati non aktif Trenggalek itu bersama Cagub Khofifah Indar Parawansa bisa memenangi Pilgub Jatim. “Insyaallah Mas Emil jadi Wagub,” katanya.

Sementara Emil menuturkan, kedatangan ke Al Islah sebatas sowan seorang santri  kepada kiai. “Tentu doa restu kiai akan akan menjadi spirit kami dalam Pilgub Jatim,” katanya.