Jadi Wagub Jatim, Emil Dardak Punya Dua ‘Bos’ Kader PMII

Salam Pergerakan! Emil Dardak di acara PKC PMII Jatim, Kamis (21/2/2019). | Foto: Barometerjatim.com/abdillah hr

SURABAYA, Barometerjatim.com – Layaknya keluarga! Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak mendapat sambutan hangat dan luar biasa dari ribuan kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) saat pelantikan Pengurus Koordinator Cabang (PKC) PMII Jatim di Islamic Center Surabaya, Kamis (21/2/2019).

Selain dipanggil dengan sapaan “sahabat” — sapaan khas sesama kader PMII, berulang kali Emil juga disuguhi pekik: Salam pergerakan! “Kenapa saya sebut sahabat, karena beliau ‘diapit’ dua perempuan hebat, dua-duanya kader PMII,” kata Ketua Umum PKC PMII Jatim, Abdul Ghoni.

“Perempuan hebat pertama yaitu, jelas ibunda kita, Khofifah Indar Parawansa. Perempuan kedua yang mendampingi beliau pada pemerintahan periode ini adalah sahabati kita, Arumi Bachsin. Kebetulan yang baiat datang, sahabat Zainudin (ketua PMII Jatim sebelum Ghoni).”

Mendapat sambutan hangat, Emil terlihat tersenyum bangga dan beberapa kali memberikan tepuk tangan. Bahkan di awal menyampaikan orasi ilmiah bertema Global Economic Youth, mantan ketua Pengurus Cabang Istimewa (PCI) Nahdlatul Ulama (NU) Jepang itu ikut memekikkan: Salam pergerakan!

“Istri saya juga teriak-teriaknya sama: Salam pergerakan gitu! Ada videonya nyebar itu dan sudah dibaiat. Jadi bukan pakai ujug-ujug, melalui proses juga ya. Jadi bosnya dua, bos di kantor dan di rumah, sama-sama PMII,” kata Emil yang disambut ger-geran dan aplaus panjang kader PMII.

Senada dengan Ghoni, dua bos yang dimaksud Emil, pertama bos dalam menjalankan roda Pemprov Jatim, yakni atasannya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Bagi kader PMII, Khofifah yang mantan ketua PMII Cabang Surabaya adalah role model karena kesuksesannya di banyak bidang. Mulai empat periode memimpin PP Muslimat NU, politikus andal, dua kali menjadi menteri, dan kini gubernur Jatim.

Bos kedua, kata Emil, yakni istrinya, Arumi Bachsin. Ketua Tim Penggerak PKK Jatim periode 2019-2024 itu tercatat sebagai kader PMII Cabang Tulungagung.

Soal istrinya yang dibaiat sebagai kader PMII, Emil mengungkap sejak kuliah di IAIN Tulungagung. “Mbak Arumi melalui proses kaderisasi awal, dan sekarang ya sudah benar-benar menjadi bagian dari keluarga besar PMII,” katanya.•

» Baca Berita Terkait PMII, Pemprov Jatim