Internet Gratis di Surabaya Masih Lemot! Ini Upaya Pemkot

BAHAS INTERNET LEMOT: Whisnu Sakti Buana bertemu dengan pihak APJII Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/WIRA HARLIJADI
BAHAS INTERNET LEMOT: Whisnu Sakti Buana bertemu dengan pihak APJII Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/WIRA HARLIJADI

SURABAYA, Barometerjatim.com – Penyediaan fasilitas internet gratis di ruang publik Kota Surabaya kerap dikeluhkan. Jaringan nirkabel di beberapa spot masih terasa lemot!

Merespons keluhan masyarakat, Wakil Wali Kota Surabaya, Wihinu Sakti Buana mengadakan pertemuan dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jatim untuk memperkuat jaringan, Kamis (29/8/2019).

Usai pertemuan, Whisnu menuturkan pihaknya akan lebih memperbanyak komunikasi dengan APJII Jatim untuk mengintensifkan kembali hubungan antara APJII dengan Dinas Kominfo Surabaya.

“Selama ini kan hubungannya agak kurang intensif. Padahal banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh, salah satunya layanan internet gratis di ruang publik bisa cepat,” ujar Whisnu.

Sementara Ketua APJII Jatim, Antonius Ambar Widodo menegaskan siap mendukung gagasan Whisnu. “Kami siap memberikan dukungan positif dan kreatif kepada Pemkot Surabaya, khususnya untuk perkembangan industri internet,” jelasnya.

Ambar juga menekankan jika kelengkapan sumber daya untuk memaksimalkan program tersebut telah dimiliki. “APJII Jatim saat ini sudah memiliki data center dan jaringan IIX,” tegasnya.

IIX atau Indonesia Internet Exchange di Jatim disebut Ambar bahkan sudah yang terbaik. “Sudah availability-Scalability-flexibility-security dengan ditopang beberapa operator jaringan dan penyelenggara di Jatim,” katanya.

» Baca Berita Terkait Pemkot Surabaya