Incar 15 Kursi DPR dari Jatim, Nasdem ‘Jualan’ Caleg Artis

INCAR KURSI DARI JATIM: Tessa Kaunan (kiri) Venna Melinda, dua artis ibu kota Bacaleg Nasdem yang akan 'bertarung' di Dapil Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/NANTHA LINTANG
INCAR KURSI DARI JATIM: Tessa Kaunang (kiri) Venna Melinda, dua artis ibu kota Bacaleg Nasdem yang akan ‘bertarung’ di Dapil Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/NANTHA LINTANG

SURABAYA, Barometerjatim.com – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) mengincar 15 kursi DPR RI dari 14 Daerah Pemilihan (Dapil) di Jatim. Salah satu strategi yang diusung: ‘Menjual’ Caleg dari deretan pesohor mulai mantan kepala daerah, tokoh agama, hingga artis ibu kota.

Ketua Bappilu DPW Partai Nasdem Jatim, Ipong Muchlissoni menuturkan, target 15 kursi yang dipatok DPP tersebut dinilainya realistis, karena komposisi Bacaleg Nasdem untuk DPR RI disebutnya kumpulan orang hebat.

“Saya rasa target segitu realistis. Dengan komposisi Caleg yang ada, dengan positioning Partai Nasdem saat ini insyaallah realistis. Kalau lebih dari itu, alhamdulillah,” katanya saat acara pengenalan/ta’aruf Bacaleg Nasdem Dapil Jatim, Sabtu (11/8).

• Baca: Nasdem Siapkan Karpet Merah untuk Pakde Karwo

Sejumlah artis yang bakal bertarung di Pileg 2019 dari Dapil Jatim, di antaranya Manohara Odelia Pinot yang maju dari Dapil Jatim I (Surabaya). Lalu Tessa Kaunang, putri musisi asal Surabaya, Arthur Kaunag ini bakal bertarung di Dapil Jatim IX (Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan dan Ngawi).

Berikutnya Venna Melinda, artis peran yang memilih hengkang dari Partai Demokrat dan mantan anggota DPR RI itu maju dari Dapil Jatim VI (Tulungagung, Kediri dan Blitar). Dapil yang sama saat dia masih bersama Demokrat.

Berikutnya Elma Theana maju dari Dapil Jatim X (Gresik dan Lamongan). Kemudian Lucky Perdana dan Yuli KDI dari Dapil Jatim III (Kabupaten Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso), serta Ferly Putra bersama Imelda Soraya dari Dapil  Jatim IV (Kabupaten Jember dan Lumajang).

• Baca: Pemilu 2019, KPU Jatim Siapkan 130.047 TPS

Kemudian Ratna Listy dari Dapil Jatim VIII (Kabupaten Jombang, Nganjuk, Kabupaten dan Kota Madiun, Kabupaten dan Kota Mojokerto).

Terkait pilihannya maju sebagai Caleg, para artis ibu kota ini ingin menunjukkan ke publik bahwa mereka bukan sekadar ‘pemanis’ di panggung politik.

Mereka juga merasa memiliki tanggung jawab ikut membangun bangsa dan negara melalui jalur politik. “Saya juga ingin melihat Indonesia berubah menjadi lebih baik,” kata Tessa Kaunang.

• Baca: 37 Bacaleg di Lamongan Diganti, KPU: Tak Pengaruhi Nomor Urut

Sementara Ketua Bappilu DPP Partai NasDem, Effendy Choirie menjelaskan, para Caleg Nasdem memang wajib mengikuti gelar ta’aruf. Sebab, untuk meraih kemenangan kuncinya harus saling mengenal.

“Setelah saling mengenal, selanjutnya saling memahami, kemudian akan terjadi saling menolong. Kalau sudah saling menolong, maka yang terakhir… Menang!” katanya kepada 87 Bacaleg Nasdem untuk DPR RI dari Dapil Jatim yang hadir.