Hari Ini 6 Pahlawan Nasional Ditetapkan, Tak Ada dari Jatim

PEMBERIAN PAHLAWAN NASIONAL: Mensos Agus Gumiwang, tahun ini enam tokoh dianugerahi gelar Pahlawan Nasional. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
PEMBERIAN PAHLAWAN NASIONAL: Mensos Agus Gumiwang, tahun ini ada enam tokoh yang diberi gelar Pahlawan Nasional. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Hari ini, Kamis (8/11), Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan gelar Pahlawan Nasional untuk enam tokoh di Istana Negara, Jakarta.

Hal itu disampaikan Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita usai menghadiri Bimtek Penguatan Kapasitas Pendamping Bansos Pangan, serta Bimtek Pendamping Sosial Kube Kerja 2018 di Surabaya, Rabu (7/11) malam.

“Sudah.. sudah.. sudah, enam sudah diputuskan. Alhamdulillah Pak Jokowi tahun ini sudah menetapkan enam pahlawan nasional yang akan diberikan gelar di istana,” katanya.

• Baca: Keputusan Gelar Pahlawan Gus Dur di Tangan Jokowi

Apakah mereka ada yang berasal dari Jawa Timur? “Kali ini Jatim belum ada, tapi saya kira pahlawan-pahlawan nasional dari Jatim sudah sangat banyak,” katanya.

Selebihnya, lanjut Agus, keenam tokoh tersebut berasal dari Bangka Belitung (Babel), Jogjakarta, Banjarmasin, Jawa Tengah, Banten dan Sulawesi Barat (Sulbar).

Agus bersyukur, pemberian gelar keenam tokoh tersebut merupakan jumlah terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Tahun lalu hanya empat, tahun sebelumnya kurang dari empat, tapi sekarang enam,” katanya.

• Baca: Mensos: Transformasi Rastra ke BPNT Tuntas Februari 2019

Sementara memperingati Hari Pahlawan, kata Agus, Jokowi akan melakukan kegiatan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra Bandung, dan Wapres Jusuf Kalla di TMP Utama Kalibata, Jakarta Selatan.

Kemensos, tambah Agus, bahkan sudah melakukan rangkaian peringatan sejak dua minggu lalu, termasuk melibatkan anak sekolah. “Agar mereka sejak dini tertanam semangat kepahlawanan,” katanya.

» Baca Berita Terkait Kemensos, Jokowi