Gerindra Siapkan Moreno, Pengamat: Apa PAN Menerima?

PILIHAN GERINDRA?: Moreno Soeprapto, disebut-sebut tengah disiapkan Gerindra untuk maju di Pilgub Jatim 2018. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
PILIHAN GERINDRA?: Moreno Soeprapto, disebut-sebut tengah disiapkan Gerindra untuk maju di Pilgub Jatim 2018. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pasca La Nyalla Mattalitti gagal menyelesaikan tugas dari Gerindra, kini nama Moreno Soeprapto disebut-sebut bakal diusung Parpol besutan Prabowo Subianto tersebut di Pilgub Jatim 2018.

Seriuskah Gerindra? “Itu testing the water (memancing reaksi publik sebelum mengambil keputusan), karena selama ini nama Moreno lebih dekat dengan kontestasi Pilwali Malang,” nilai Direktur Surabaya Survey Center, Mochtar W Oetomo.

Kalaupun akhirnya benar Gerindra akan mengusung Moreno, “Pertanyaan mendasarnya apakah PAN mau menerima Moreno sebagai Cagub? Tanpa dukungan PAN tidak mungkin bagi Gerindra mengusung calon sendiri dengan kursi hanya 13,” tandas pengajar Universitas Trunojoyo Madura (UTM) itu.

• Baca: Kembalikan Mandat, La Nyalla Kirim Surat ke Prabowo

Lagi pula koalisi tiga Parpol, Gerindra, PAN dan PKS, tidak tegas akan bergandengan tangan di Pilgub Jatim. Namun ketiganya justru secara tegas mengumumkan bakal berkoalisi untuk Pilgub 2018 di lima provinisi: Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan Maluku Utara.

Presiden PKS, Sohibul Iman yang mengumumkan koalisi hanya menyebut kesepakatan untuk Pilgub Jatim baru akan diumumkan setelah tahun baru.

Sebelumnya Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Hendro Tri Subiantoro mengatakan nama Moreno memang dibahas di lingkaran elit DPP Gerindra terkait Pilgub Jatim 2018.

“Secara resmi memang belum ada surat instruksi dari DPP kepada DPD. Tapi nama Moreno sudah dibicarakan oleh elit DPP Partai Gerindra di Jakarta untuk di dorong maju dalam Pilgub Jatim,” katanya.

• Baca: PAN Kian Dekat ke Demokrat, Bye bye.. Poros Tengah!

Moreno sebetulnya belum begitu dikenal di Jatim. Meski demikian, kader Gerindra kelahiran Jakarta pada 1982 itu memiliki berhubungan dengan Jatim, karena Moreno yang sempat menjadi pembalap adalah putra Tinton Soeprapto yang asli Malang.

Selepas dari dunia balap, Moreno lalu merubah jalur karirnya di dunia politik. Dia bergabung denga Gerindra. Pada Pileg 2014 politikus muda itu maju sebagai Caleg dari Dapil V (Malang Raya) dan lolos sebagai anggota DPR RI hingga kini dengan perolehan 52 ribu suara.

Bila betul Moreno maju, dua pasangan berat sudah menanti, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak (sementara bakal diusung Demokrat, Golkar dan Hanura) dan Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas (PKB-PDIP).