Gagal Mufakat, Menang Telak, Gus Syafiq Ketua Ansor Jatim!

NAHKODA BARU: Gus Syafiq, menang telak atas Gus Abid dan Ra Ghufron di pemilihan ketua Ansor Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
TELAK: Gus Syafiq menang telak atas Gus Abid dan Ra Ghufron di pemilihan ketua Ansor Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

MALANG, Barometerjatim.com – Penantian panjang — sejak 27 Desember 2017 — PW GP Ansor Jatim untuk memiliki ketua definitif, berakhir di Ponpes Sabilurrosyad Kota Malang asuhan Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar, Minggu (28/7/2019) malam.

Lewat pemilihan — setelah tiga calon yang difasilitasi Ketum PP GP Ansor, Yaqut Qholil Qoumas (Gus Yaqut) gagal mufakat — di arena Konferensi Wilayah (Konferwil) XIV, Ketua PC GP Ansor Tuban, Syafiq Syauqi (Gus Syafiq) terpilih menjadi ketua Ansor Jatim masa bakti 2019-2023.

Gus Syafiq, total mendapatkan 407 suara dari total 692 suara sah. Rinciannya 106 x 2 = 212 suara dari Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang terakreditasi A, dan 195 suara dari PC-PAC terakreditasi B.

Sekadar tahu, PC-PAC yang terakreditasi A memiliki hak 2 suara, akreditasi B tetap 1, sedangkan terakreditasi C dan D hanya menjadi peninjau tanpa memiliki suara saat pemilihan ketua.

Calon lainnya, Moh Abid Umar Faruq (Gus Abid) juga mendapat 212 suara dari 106 PC-PAC yang terakreditasi A, namun hanya meraup 65 suara dari PC-PAC terakreditasi B alias kalau jauh dari Gus Syafiq.

Pun demikian satu calon lainnya, Ahmad Ghufron Sirodj (Ra Ghufron) hanya dipilih 2 PC-PAC terakreditasi A dan 4 suara dari PC-PAC terakreditasi B.

“Sehingga yang terpilih menjadi ketua PW GP Ansor Jatim masa bakti 2019-2023 adalah Gus Syafiq Syauqi,” kata Ketua Sidang Pleno Pemilihan Ketua Ansor Jatim, Alfa Isnaeni.

Bentuk Kepengurusan

Setelah pemilihan, tim formatur yang diwakili PC dari wilayah timur, tengah, selatan, utara 1 dan utara 2 segera membentuk kepengurusan untuk melengkapi susunan kepengurusan PW GP Ansor Jatim.

“Periodenya ini kan enggak lama, hanya empat tahun. Formatur segera membentuk kepengurusan dan diusulkan ke PP. Kita punya waktu satu bulan, 30 x 24 jam,” terang Ketua Ansor Lamongan, Masyhur pada Barometerjatim.com usai penutupan Konferwil.

Setelah dilantik, Masyhur yang terlihat getol mendukung Gus Syafiq saat proses pencalonan hingga pemilihan menambahkan, pengurus langsung tancap gas untuk menjalankan berbagai program yang telah disusun.

“Semua kita ajak, bersama-sama, karena Jatim itu luas sekali. Selain itu, karakter masyarakat juga berbeda-beda. Jadi butuh banyak orang yang punya waktu, punya keahlian, untuk bersama-sama. Itu yang penting,” tandasnya.

» Baca Berita Terkait Ansor Jatim, Konferwil