Forkas Jatim: Investor Belum Bergerak, Tunggu Hasil Pilpres!

Ketua Forkas Jatim, Nur Cahyudi, investor masih tunggu hasil Pilpres. | Foto: Barometerjatim.com/abdillah hr
Ketua Forkas Jatim, Nur Tjahyudi, investor masih tunggu hasil Pilpres. | Foto: Barometerjatim.com/abdillah hr

SURABAYA, Barometerjatim.com – Hasil Pilpres 2019 akan sangat mempengaruhi investasi di Indonesia, termasuk Jatim, karena menyangkut arah kebijakan ekonomi lima tahun ke depan. Saat ini, para investor masih menunggu siapa presiden terpilih.

“Masih wait and see ya. semua pihak saling menunggu, karena menyangkut arah kebijakan ekonomi berikutnya. Jadi sementara masih ditahan dulu,” kata Ketua Forum Komunikasi Asosiasi (Forkas) Jatim, Nur Tjahyudi dalam diskusi ekonomi di Surabaya, Sabtu (30/3/2019).

Diskusi bertema Ekonomi Indonesia dan Strategi Lima Tahun ke Depan yang digelar di Hotel Wyndham tersebut menghadirkan narasumber tunggal, Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan.

Tjahyudi menambahkan, setelah Pilpres 2019 baru para investor bergerak untuk mengambil langkah. “Apakah melakukan ekspansi, mendirikan usaha-usaha baru, atau kita cukup dengan kapasitas yang sekarang,” katanya.

Jadi siapa yang terpilih menjadi presiden sangat berpengaruh terhadap investasi? “(Investor) melihat arah kebijakan ekonominya calon ya, jadi berpengaruh. Kalau Forkas engggak boleh berpolitik,” tandasnya.

Selain pertimbangan ekonomi makro, lanjut Tjahyudi, masalah keamanan juga menjadi pertimbangan investasi di Indonesia. Karena itu isu-isu kerusuhan, misalnya, sebisa mungkin diminimalisir.

“Jangan sampai memberi dampak secara signifikan terhadap investasi. Kemudahan izin juga menjadi pertimbangan,” tegas Tjahyudi.•

» Baca Berita Terkait Investasi, Pilpres 2019