Doktor di Usia 22, Emil Success Story di Dunia Pendidikan

PONPES NURUL CHOLIL: Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak silaturahim ke Ponpes Nurul Cholil Bangkalan, Jumat (27/4). | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP
PONPES NURUL CHOLIL: Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak silaturahim ke Ponpes Nurul Cholil Bangkalan, Jumat (27/4). | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP

BANGKALAN, Barometerjatim.com – Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak silaturahim Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Cholil di Bangkalan, Madura, Jumat (27/4). Kehadiran pasangan Cagub-Cawagub Jatim nomor urut satu tersebut disambut hangat pengasuh Ponpes KH Zubair bin KH Muntashor beserta para santri.

Di hadapan para santri, Khofifah dan Emil berbagi riwayat perjalanan mengejar prestasi dalam dunia pendidikan. Khofifah bahkan mengajak santri dan generasi milenial untuk meneladani success story Emil yang meraih pendidikan hingga jenjang doktor.

“Pak Emil di 22 tahun meraih gelar doktor. Ggelar S2 dan S3 di Jepang terus S2 lagi di London. Sehingga saya berikan semangat kepada mereka, meskipun tidak sama akan tetapi ada semangat dari mereka untuk sekolah setinggi-tingginya,” ujar Khofiffah pada wartawan usai acara.

Di sisi lain, Khofifah menyebut lulusan Ponpes saat ini makin dipercaya kalangan perguruan tinggi. “Hari ini banyak sekali perguruan tinggi yang memberikan prioritas kuota kepada penghafal Al Qur’an,” kata Kofifah.

• Baca: Cicit Mbah Kholil Yakin Khofifah-Emil Ditakdirkan Pimpin Jatim

“Sebab ada kemampuan hafalan syaraf-syaraf di dalam tubuh lebih ter-support bagi penghafal Al Qur’an ini. Informasi seperti ini belum tentu mereka ngerti.”

Lebih lanjut, menurut Khofifah, perlu disampaikan kepada para santri tentang  prestasi-prestasi yang baik, agar mereka punya semangat untuk meraih prestasi setinggi-tingginya.

Hal senada dikatakan Emil. Diapun balik memuji Khofifah yang sukses dalam pendidikan dan kariernya. Emil menyebut ketua umum PP Muslimat NU itu meski lulus sarjana ilmu politik masih mau kuliah lagi di jurusan dakwah.

Emil menambahkan, banyak preferensi umat Islam yang sukses dalam berbagai hal, seperti halnya Presiden Singapura saat ini wanita muslim berhijab. “Bu Khofifah juga wanita berhijab yang menjadi menteri dan penuh prestasi,” katanya.