Ansor Jatim Tak Boleh Vakum, Hasan Usulkan Alfa Plt Ketua

ANSOR JANGAN VAKUM: Hasan Aminudin (kanan) usulkan Alfa Isnaeni (kiri) sebagai Plt ketua PW GP Ansor Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN/IST
ANSOR JATIM JANGAN VAKUM: Hasan Aminudin (kanan) usulkan Alfa Isnaeni (kiri) sebagai Plt ketua PW GP Ansor Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Polemik kekosongan kepengurusan Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jatim mendapat perhatian serius dari Dewan Penasihat Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor, Hasan Aminuddin.

“Organisasi sebesar Ansor tidak boleh vakum, karena akan menghilangkan legitimasi pengurus berikut produk organisasi,” katanya di Surabaya, Rabu (18/4).

Karena itu, Hasan yang juga Dewan Pembina PW GP Ansor Jatim meminta Ketua Umum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Coumas (Gus Yaqut) segera menunjuk pelaksana tugas (Plt) ketua atau ketua caretaker.

• Baca: Abaikan Konferwil, Gus Fahrur: Kepengurusan Ansor Jatim Ilegal

Dengan demikian tidak ada lagi kevakuman organisasi pasca SK Penunjukan yang berakhir 27 Februari 2018. Sebelumnya periodesasi kepemimpinan Rudi Tri Wahid selesai sejak 26 Desember 2017.

“Harus segera ditunjuk Plt ketua atau ketua caretaker hingga terselenggaranya konferensi wilayah (Konferwil) untuk memilih ketua PW GP Ansor yang baru,” kata Hasan.

“Saya sebagai Dewan Penasihat PP GP Ansor dan Dewan Pembina PW GP Ansor Jatim akan sampaikan hal ini ke ketua umum,” tandasnya.

Dari sekian figur di Ansor, bupati Probolinggo dua periode ini menilai sosok Alfa Isnaeni pantas untuk menjadi plt ketua Ansor Jatim. Alasannya, Alfa pernah memimpin Ansor Jatim sehingga memahami katakteristik dan kultur internal.

• Baca: Belum Ada SK Terbaru, Ansor Jatim Vakum Sejak 27 Februari

Selain itu, Alfa yang saat ini menjabat kepala Satuan Koordinasi Nasional Barisan Ansor Serbaguna (Kasat Kornas Banser) adalah Koordinator Wilayah (Korwil) Jatim, “Karena itu dia pasti paham dinamika Ansor di Jatim,” kata Hasan.

Hasan yang dikenal sebagai loyalis KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu meyakini, Alfa bisa memimpin Ansor Jatim di masa transisi hingga terpilihnya ketua PW Ansor Jatim definitif melalui Konferwil yang sah.

“Tentunya tugas utama Alfa nantinya adalah mempersiapkan terselenggaranya Konferwil untuk memilih ketua definitif. Saya yakin Alfa mampu melaksanakan tugas itu. Saya tahu kapasitas dia,” tegas Hasan.

Tiga Nama Mencuat

Seperti diberitakan, kepengurusan GP Ansor Jatim di bawah kepemimpinan Rudi Tri Wahid sudah selesai sejak 26 Desember 2017. Namun PP kemudian mengeluarkan SK Penunjukan untuk Rudi — disertai perombakan pengurus — agar tetap memimpin Ansor hingga 27 Februari 2018 untuk mempersiapkan penyelenggaraan Konferwil.

Sayangnya, hingga SK Penunjukan berakhir Konferwil tak kunjung digelar. Bahkan Rudi terlihat sibuk dengan urusan pemenangan pasangan calon di Pilgub Jatim 2018.

• Baca: Ansor Jatim ‘Tabrak’ Aturan, Desakan Konferwil Kian Menguat

Di sisi lain, sejumlah nama mulai disebut layak melanjutkan kepemimpinan Rudi. Mereka yang masuk bursa kandidat di antaranya Kasat Korwil Banser Jatim, HM Syafiq Syauqi dan Sekretaris Pimpinan Pusat Badan Ansor Anti Narkoba (Baanar) Ahmad Gufron Siradj alias Ra Gopong.

Satu lagi yakni Mohammad Abid Umar Faruq. Cucu KH Zainuddin Djazuli yang akrab disapa Gus Abid itu terakhir menjabat sebagai Sekretaris PW GP Ansor Jatim.