Alasan Ulama Madura Pilih Khofifah: Bisa Jaga Nilai Agama

ULAMA MADURA PILIH NOMOR 1: Cagub Khofifah mendapat dukungan penuh dari ulama Madura lewat pertemuan di Ponpes Alfurjani, Sampang, Sabtu (14/4). | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP
PILIH NOMOR 1: Cagub Khofifah mendapat dukungan penuh dari ulama Madura di Ponpes Alfurjani, Sampang, Sabtu (14/4). | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP

SAMPANG, Barometerjatim.com – Ulama atau kiai di Madura kian bulat mendukung Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak. Alasan utama mereka: Kedua kader Nahdlatul Ulama (NU) ini dinilai bisa menjawab kebutuhan Jatim dengan tetap memegang serta menjaga nilai agama.

Selain itu, para ulama di Pulau Garam yakin “Nawa Bhakti Satya” bakal menjadi program pengabdian pasangan nomor urut satu tersebut untuk masyarakat Jatim ke depan. Jatim yang lebih makmur dan berkemajuan.

Alasan itu dikemukakan Aliansi Ulama Madura (Auma) serta ulama yang tergabung dalam Majelis Silaturrahim Ulama Sampang (Majsus) saat memberikan dukungan untuk Khofifah-Emil di Pondok Pesantren (Ponpes) Alfurjani, Desa Prajjan, Kecamatan Camplong, Sampang, Sabtu (14/4).

• Baca: Kiai NU Sampang Bersatu: Wis Wayahe Khofifah Pimpin Jatim

“Banyak pertimbangan tentunya. Termasuk setelah melihat langsung di debat kandidat, program yang dipaparkan Bu Khofifah semakin memberi keyakinan kepada para masyayikh yang hadir di sini,” terang Ketua Majsus yang juga Pengasuh Ponpes Alfurjani, KH Yahya Hamiduddin.

Menurut Kiai Yahya, masyayikh yang hadir tidak sebatas memberikan dukungan, tapi juga memiliki strategi untuk memenangkan Khofifah-Emil saat pemungutan suara, 27 Juni mendatang.

“Banyak cara mengenalkan, utamanya program Bu Khofifah yang cukup baik dalam memberi peluang untuk kebesaran umat Islam di seluruh Jatim. Itu yang perlu kita tularkan kepada masyarakat di bawah. Apalagi ditopang dengan Nawa Bhakti Satya-nya yang luar biasa,” tegasnya.

DOAKAN KHOFIFAH GUBERNUR: Ulama Madura mendoakan Khofifah agar menjadi gubernur Jatim untuk kemaslahatan masyarakat Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP
DOAKAN KHOFIFAH GUBERNUR: Ulama Madura mendoakan Khofifah agar menjadi gubernur Jatim untuk kemaslahatan masyarakat. | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP

Kiai Yahya menambahkan, “Saya senang sekali dan bersyukur, mudah-mudahan Ibu Khofifah ditakdirkan oleh Allah menjadi gubernur. Beliau tidak hanya pandai dalam membangun kesejahteraan ekonomi rakyat, tetapi juga menyampaikan tentang pesan untuk mempertahankan syariat Islam.”

Dengan Khofifah menjadi gubernur, Kiai Yahya memiliki harapan besar agar Jawa Timur dapat berkembang menjadi provinsi yang lebih baik, makmur dan bermartabat.

“Saya berharap ada perbaikan ekonomi dan menekan kesenjangan sosial di Sampang, serta persoalan migas bisa segera diatasi. Sehingga nantinya betul-betul dimanfaatkan dan bisa dirasakan masyarakat Sampang dan Jatim,” pungkasnya.