Akhir Mei Selesai, Underpass Karanglo Dihiasi Relief Singosari

Pengerjaan Underpass Karanglo. Inset: Gatot Sulistyo Hadi. | Foto: Barometerjatim.com/abdillah/Ist

SURABAYA, Barometerjatim.com – Jalur menuju Malang bakal semakin lancar. Selain tol Pandaan-Malang seksi I, II dan III sepanjang 30,63 Km resmi beroperasi, akhir Mei ini menyusul underpass Karanglo di Singosari bisa dilalui.

“Perkiraannya akhir Mei selesai. Saat ini sudah dilakukan uji coba untuk satu jalur,” terang Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim, Gatot Sulistyo Hadi di Surabaya, Selasa (14/5/2019).

Uji coba baru dilakukan untuk satu jalur, lantaran masih ada pengerjaan finishing underpass. Kondisi dinding jalan juga belum sempurna, masih dilakukan finishing dan pemasangan dinding panel dengan bentuk relief.

“Nanti relief itu menceritakan tentang sejarah Singosari. Panjang underpass 400 meter, jadi total relief yang dipasang untuk dua sisi 800 meter,” paparnya.

Underpass Karanglo, kata Gatot, akan sangat membantu mengurai kepadatan jalur Surabaya-Malang maupun dari Surabaya menuju Kota Batu.

“Dari Surabaya lewat exit tol bisa langsung lurus menuju Batu. Sedangkan dari Surabaya ke Malang bisa lewat underpass, sehingga tidak ada penumpukan di jalur ini,” jelasnya.

Gatot memprediksi, arus mudik menuju Malang dan Kota Batu tahun ini bisa lancar. Apalagi sebelumnya Presiden Joko Widodo telah meresmikan tol Pandaan–Malang seksi I, II dan III sepanjang 30,63 Km.

Kini pembangunan tol Pandaan-Malang tinggal menyisakan seksi IV dan V sejauh 7,48 Km. Jika seluruhnya rampung, jumlah wisatawan ke Batu dan Malang diyakini bakal semakin meningkat.•

» Baca Berita Terkait Dinas PU Bina Marga Jatim