Zulkifli: PAN Kunci Kemenangan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

MEMBIRU BERSAMA PAN: Zilkifli Hasan, Emil Dardak serta Arumi Bachsin bersama ribuan kader PAN di JX Internasional, Surabaya, Rabu (7/2) petang. | Foto: Barometerjatim.com/NANTHA LINTANG
MEMBIRU BERSAMA PAN: Zilkifli Hasan, Emil Dardak serta Arumi Bachsin bersama ribuan kader PAN di JX Internasional, Surabaya, Rabu (7/2) petang. | Foto: Barometerjatim.com/NANTHA LINTANG

SURABAYA, Barometerjatim.com – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zilkifli Hasan menilai kontestasi pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur di Pilgub Jatim 2018 akan berlangsung ketat. Karena itu,  dia menyebut Parpol yang dipimpinnya akan menjadi penentu kemenangan.

“Jaraknya kecil antara dua kandidat, kira-kira 3 persen, 5 persen. Bisa kalah, bisa menang, swing voters, kita bisa kalah, Khofifah bisa juga menang, 3-5 persen,” katanya dalam “Deklarasi Tekad Kemenangan se-Jawa Timur” di JX Internasional Jalan A Yani, Surabaya, Rabu (7/2) petang.

Mengapa Zulkifli begitu percaya diri menyebut PAN akan menjadi penentu kemenangan? Pria yang juga ketua MPR RI itu menjelaskan, Saifullah-Puti yang diusung PKB (20 kursi), PDIP (19), PKS (6) dan Gerindra (13) akan lebih banyak menyasar suara nasionalis. Sementara basis suara NU akan terbelah.

• Baca: Gelar “Ibu PKH” Khofifah Disoal, PAN: Jangan Suka Nyinyir!

“PDIP nasionalis, kita yang (akan mengambil suara) modernis. Kemana PAN terarah, itulah yang menentukan, yang bisa membuat selisih menjadi lebih kurang 10 persen,” katanya.

“Nanti omongan ketua umum PAN bisa dilihat. Keunggulan itu kira-kira 7 sampai 8 persen. Darimana itu? PAN yang memiliki 10 sampai 15 persen suara di Jatim akan menjadi penentu kemenangan Khofifah-Emil. Kita meyakini Khofifah–Emil Dardak terbaik untuk Jawa Timur.”

Zulkifli juga mengingatkan kadernya tentang tanggung jawab memenangkan Khofifah-Emil. “Dalam rangka itulah kita konsentrasi internal dalam memperkuat partai kita, sekaligus untuk memenangkan Khofifah-Emil,” tegasnya.

• Baca: Khofifah-Emil Dapat Energi Baru dari Anang Hermansyah

Kehadiran Zulkifli di JX Internasional sekaligus menjadi hari terakhir road show yang digelar sejak 5 Februari lalu. “Ibu Khofifah kemarin datang ke Kediri. Tapi hari ini ada agenda dengan Pak SBY (Ketum DPP Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono),” katanya.

Sebagai gantinya, Emil Dardak yang hadir. Kehadirannya dielu-elukan kader partai Matahari Terbit. Terlebih saat istrinya, Arumi Bachsin datang menyusul yang disambut para kader PAN dengan berebut foto bersama.