Ziarahi Kiai Wahab, Sekjen Gerindra Serap Spirit Pendiri NU

TABUR BUNGA: Ahmad Muzani tabur bunga saat ziarah ke makam pendiri NU yang juga Pahlawan Nasional, KH Wahab Chasbullah. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
TABUR BUNGA: Ahmad Muzani ziarah ke makam pendiri NU yang juga Pahlawan Nasional, KH Wahab Chasbullah. | Foto: Barometerjatim.com/ROY

JOMBANG, Barometerjatim.com – Sekjen DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani berziarah ke makam pendiri NU yang juga Pahlawan Nasional, KH Abdul Wahab Chasbullah di kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Uuum Tambakberas, Jombang, Senin (31/5/2021).

Muzani menuturkan, sebenarnya pihaknya telah lama mengagendakan untuk ziarah ke makam Kiai Wahab. Namun baru kali ini bisa diwujudkan setelah membuat janji dengan KH M Hasib Wahab (Gus Hasib), ketua Majelis Pengasuh Ponpes Bahrul Ulum yang juga putra Kiai Wahab.

“Dan hari ini saya dan kawan-kawan Partai Gerindra di DPP, didampingi oleh Wakil Ketua Umum Gerindra, M Irfan Yusuf Hasyim (Gus Irfan) dan beberapa DPP dan DPD Gerindra Jatim berkesempatan untuk berziarah dan berdoa di pusara makam beliau,” kata Muzani.

Saat ziarah, Muzani didampingi Plt Ketua DPD Partai Gerindra, Anwar Sadad; Ketua DPC Partai Gerindra, Machin; dan tampak pula hadir Wakil Bupati Jombang, Sumrambah.

Menurut Muzani, sosok Kiai Wahab dalam hidupnya selalu menularkan semangat dan spirit kebangsaan. Karena itu, dirinya bersama Gerindra harus mengambil pelajaran berharga dari sosok pahlawan mengabdikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

“Kiai Wahab adalah ulama yang hidup dalam perintisan perjuangan sampai mempertahankan kemerdekaan. Sampai sekarang, jasa dan ikhtiar yang diberikan beliau kepada negara sangat terasa hingga hari ini,” jelasnya.

Muzani yang juga ketua Fraksi Gerindra DPR RI, lantas mereview sejarah dari Kiai Wahab yang bersatu dengan para pemimpin nasional lainnya untuk terus mempertahankan negara pada saat-saat genting. Bersama pemimpin, menyatu dengan keputusan-keputusan Republik Indonesia ketika itu.

“Tidak gampang dalam awal-awal republik, awal revolusi, agresi Belanda kesatu dan kedua, kemudian ada pemberontakan di sana-sini di dalam negeri terus tidak berhenti. Namun support Kiai Wahab tidak pernah berhenti kepada keutuhan NKRI,” ucapnya.

Karena itu, Muzani menegaskan, pihaknya mencontoh semangat itu. Karena bagaimanapun, Gerindra adalah bagian dari kekuatan politik di republik ini. “Sehingga kami ingin mengambil spirit itu,” tandasnya.

Usai ziarah, Muzani dan rombongan kemudian menuju kediaman Gus Hasib untuk melakukan ramah tamah.

» Baca Berita Terkait Gerindra