Yenny Wahid Tolak Pinangan Gerindra, Prabowo Sedih

YENNY-GERINDRA BELUM BERJODOH: Yenny Wahid memutuskan menolak pinangan Partai Gerindra untuk dicalonkan sebagai Cagub di Pilgub Jatim 2018. | Foto: Ist
YENNY-GERINDRA BELUM BERJODOH: Yenny Wahid memutuskan menolak pinangan Partai Gerindra untuk dicalonkan sebagai Cagub di Pilgub Jatim 2018. | Foto: Ist

JAKARTA, Barometerjatim.com – Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto bisa menerima keputusan Yenny Wahid yang menolak dicalonkan sebagai Cagub di Pilgub Jatim 2018. Meski demikian, dia mengaku tetap sedih.

“Kami hormati keputusan keluarga Gus Dur, NU. Dan kami yakin beliau akan terus berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan sedih saya menerima dan menghormati, tapi ya mau diapakan lagi,” ucap Prabowo usai menggelar pertemuan dengan Yenny di kediamannya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (3/1) malam ini.

Yenny sendiri mengaku sangat mempertimbangkan dengan seksama tawaran tersebut karena datang langsung dari Prabowo. Namun tawaran tersebut akhirnya ditolak karena dia tidak ingin Nahdlatul Ulama terpecah di Pilgub Jatim 2018.

• Baca: ‘Drama’ Berakhir, Yenny Wahid Tolak Pinangan Gerindra

“Kami keluarga Gus Dur meyakini punya tugas sejarah untuk menjaga bangsa ini dan memastikan keluarga NU tidak pecah. Oleh karena itu kami tak boleh ikut masuk dalam kontestasi yang sedang berlangsung,” katanya.

Selebihnya, Yenny menolak pinangan Gerindra karena tidak mendapatkan izin keluarga. Sebelum mengambil keputusan dia ‎terlebih dahulu berkonsultasi dengan keluarga, ulama, serta sesepuh NU.

Sebelumnya, Direktur Surabaya Survey Center (SSC), Mochtar W Oetomo juga tak yakin Yenny bakal menerima pinangan Gerindra karena berdasarkan sejumlah fakta dan posisi Yenny saat ini.

• Baca: Direktur SSC Tak Yakin Yenny Wahid Terima Tawaran Gerindra

Di jajaran pengurus Pimpinan Pusat (PP) Muslimat NU yang dipimpin Khofifah, Yenny menjabat sebagai ketua V. Artinya ada ikatan jam’iyah (organisasi) antara Yenny dengan Khofifah yang bakal maju di Pilgub Jatim 2018 berpasangan dengan Emil Elestianto Dardak.

Selain itu, keluarga besar Yenny di Ponpes Tebuireng, Jombang sejak awal sudah menyatakan dukungannya ke Khofifah. Tak tanggung-tanggung, dukungan keluarga besar Tebuireng dikomandani langsung oleh paman dan bibi Yenny, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) dan Lily Wahid.