Viral! Video BHS-Taufiqulbar Dangdutan di Tengah Pandemi

DANGDUTAN: BHS-Taifiqulbar dangdutan melibatkan massa di tengah pandemi, vidonya viral di media sosial. | Foto: IST
DANGDUTAN: BHS-Taifiqulbar dangdutan melibatkan massa di tengah pandemi, vidonya viral di media sosial. | Foto: FB/IST

SIDOARJO, Barometerjatim.com – Viral! Video pasangan calon nomor urut satu di Pilbup Sidoarjo 2020, Bambang Haryo Soekartono (BHS)-Taufiqulbar menggelar konser dangdut dengan pelibatan massa di tengah pandemi Covid-19 beredar di media sosial dan WAG (WhatApp Group).

Adalah akun Facebook bernama M Taufiqulbar MSi yang kali pertama mengunggah video tersebut, Kamis (8/10/2020)  pukul 19.18 dan 19.25 WIB. Sebelum akhirnya dihapus pada Jumat (9/10/2020) sekitar pukul 17.30 WIB, video telah ditonton 686 dan 1.257 netizen dengan beragam komentar baik positif maupun negatif. Video masih bisa dilihat di Youtube.

Diketahui, acara dangdutan tersebut digelar di wilayah Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo, Kamis (8/10/2020) malam. Selain video yang diunggah Taufiqulbar, beredar video lain yang memperlihatkan diduga BHS asyik berjoget dengan salah seorang perempuan dengan dikelilingi massa di luar ruangan.

Menanggapi video tersebut, Ketua Bawaslu Sidoarjo, Haidar Munjid menuturkan di Peraturan KPU (PKPU) No 13/2020 terkait pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi, jelas-jelas melarang pentas seni maupun  kegiatan sosial seperti bazaar.

“Cuma informasi yang masuk ke kami, kegiatan yang dilakukan oleh paslon (nomor urut) satu itu, kemarin malam di Kecamatan Wonoayu,” katanya saat dihubungi wartawan, Jumat (9/10/2020).

“Informasi yang saya peroleh di Kecamatan Wonoayu di gedung tertutup (hanya video konser dangdut), tidak di pinggir jalan (video yang diduga BHS berjoget dangdut),” sambungnya.

Apakah Bawaslu akan melakukan penindakan? “Memang pelanggarannya administrasi. Terkait dengan protokol kesehatan, nanti coba kita akan koordinasi dengan teman-teman dari kepolisian,” katanya.

Tapi pada prinsipnya, lanjut Haidar, setelah dikonfirmasi ke Panwas Kecamatan Wonoayu, pelaksanaan acara dangdutan tersebut dalam rangka syuting jingle yang akan diunggah di media sosial paslon nomor satu.

“Kalau di video (diduga BHS berjoget dangdut) itu kayaknya berbeda. Kalau di Wonoayu itu di ruang tertutup, kalau itu (video satunya) saya kurang paham,” ujarnya.

Klaim Video Streeming

DI GARASI MOBIL?: Kubu BHS-Taifiqulbar sebut dangdutAN dilakukan di garasi mobil untuk video streeming. | Foto: IST
DI GARASI MOBIL?: Kubu BHS-Taifiqulbar sebut dangdutAN dilakukan di garasi mobil untuk video streeming. | Foto: FB/IST

Meski demikian, Haidar berharap ada informasi terkait tempat peristiwa, agar pihaknya bisa mengklarifikasi ke Panwas kecamatan apakah di video yang diduga BHS berjoget itu merupakan kegiatan kampanye atau apa.

“Kayaknya sepintas saya melihat, belum jelas sih, itu yang selama ini sering blusukan ke pasar-pasar kan memang pasangan nomor satu. Barangkali di situ, biasalah, ada orkes atau apa di pasar tersebut terus itu joget,” katanya.

Sementara itu Ketua Tim Divisi Jaringan BHS-Taufiqulbar, Supriyono mengaku video yang sedang viral tersebut bukan berlatarbelakang kampanye. Melainkan video streeming yang dibuat untuk disebarkan di media sosial seperti Youtube.

“Itu video streeming, kita buat semacam webinar. Karena kampanye kan enggak boleh, dilarang, nah posisi kita pas di situ. Itu di dalam rumah kita, bukan di luar,” ujar Supriyono.

Menurutnya, pengambilan video itu di kawasan Desa Sawocangkring, Kecamatan Wonoayu, tepatnya di dalam garasi mobil/bus milik juru kampanye paslon. Bahkan, dirinya mengaku jika kegiatan tersebut sudah mengantongi izin dari kepolisian.

BERJOGET DANGDUT: Video lain yang memperlihatkan diduga BHS sedang berjoget di tengah kerumunan. | Foto: WA/IST
BERJOGET DANGDUT: Video lain yang memperlihatkan diduga BHS sedang berjoget di tengah kerumunan. | Foto: WA/IST

» Baca Berita Terkait Pilbup Sidoarjo