Viral! Gadis Ini Bernama Khofifah Indar Parawansa

SAMA-SAMA KHOFIFAH: Cawagub Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung ke pabrik rokok di Jombang (foto kiri) dan Khofifah Indar Parawansa, remaja putri asal Pasuruan. | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP/IST
SAMA-SAMA KHOFIFAH: Cagub Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung ke pabrik rokok di Jombang (foto kiri) dan Khofifah Indar Parawansa gadis asal Pasuruan bersama ibunya. | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP/IST

PASURUAN, Barometerjatim.com – Remaja putri berusia 18 tahun ini mendadak viral. Penyebabnya, dia memiliki nama persis dengan nama Cagub Jatim nomor urut 1: Khofifah Indar Parawansa, baik tulisan maupun pelafalannya.

Indar — sapaan akrabnya — merupakan putri pasangan suami-istri (almarhum) Slamet dan Dewi Aminah. Bersama ibunya, dia tinggal di Jalan Halmahera Gang IX, RT 04 RW 05, Kelurahan/Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan.

Indar hanya mengenyam pendidikan sekolah hingga kelas 2 SD atau sejak ayahnya meninggal. Kini, sehari-hari, dia rajin membantu ibunya menjual tahu telor.

• Baca: Jarang-jarang Lihat Mensos Masak, Begini Keseruannya

Ibu Indar, Dewi menuturkan ikhwal mengapa putrinya diberi nama Khofifah Indar Parawansa. Semula, dia sempat berselisih dengan mendiang suaminya karena nama itu kelewat ‘besar’ untuk putrinya.

“Sempat tanya, kenapa? Nama itu kan nama pejabat, nama menteri, takut!” kenang perempuan 44 tahun itu kepada wartawan, Selasa (27/3).

Namun suaminya sudah mantap untuk memberikan nama anak keempat dari delapan bersaudara itu Khofifah Indar Parawansa, karena kekagumannya pada sosok mantan menteri yang juga ketua umum PP Muslimat NU tersebut.

“Dia pernah sampaikan kalau pengagum Ibu Khofifah. Ingin anak keempat ini bisa menjadi anak yang berbakti dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa,” tambah Dewi.

BUKTI AKTA KELAHIRAN: Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan ibunya menunjukkan akta kelahiran, bukti namanya persis dengan Cagub Khofifah Indar Parawansa. | Foto: Ist
BUKTI AKTA KELAHIRAN: Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan ibunya menunjukkan akta kelahiran, bukti namanya persis dengan Cagub Khofifah Indar Parawansa. | Foto: Ist

Suami Dewi mengagumi Khofifah karena ketangguhan dan kegigihannya dalam memperjuangkan wanita. Kala itu, tahun 2000, Khofifah masih menjabat Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Indonesia di era Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

“Setelah tahu alasannya, saya akhirnya mengikuti saja. Alhamdulillah sekarang dia menjadi anak yang penurut, kuat dan tangguh. Dia tidak malu dengan kondisi orang tuanya serta berbakti,” paparnya.

• Baca: Sehari Bersama Khofifah Blusukan di Kabupaten Blitar

Sementara Indar menuturkan, sebenarnya banyak yang tidak tahu nama lengkapnya adalah Khofifah Indar Parawansa. “Di sini saya dikenal sebagai Indar,” katanya.

Namun dia sama sekali tidak keberatan dengan pemberian nama dari orang tuanya, karena diyakini bermaksud baik. “Saya tidak minder dengan nama ini, justru bangga dengan nama yang diberikan ayah saya,” katanya.