Usir Pagebluk Covid-19, Golkar Jatim Ajak Ketua DPD Puasa!

ISTIGHOTSAH: Sarmuji (kanan), ajak ketua DPD Golkar se-Jatim puasa untuk mengusir Covid-19. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
ISTIGHOTSAH: Sarmuji (kanan), ajak ketua DPD Golkar se-Jatim puasa untuk mengusir Covid-19. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Ikhtiar dhohir saja tidak cukup. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jatim pun menggelar istighotsah dan doa bersama anak yatim secara virtual untuk keselamatan bangsa dari Covid-19.

Gelaran istighotsah dan doa bersama ini diikuti kader, masyarakat umum, serta pengurus DPD Golkar di seluruh kabupaten/kota se-Jawa Timur, Minggu (4/7/2021).

Istighotsah dipimpin kiai muda asal Madura Pengasuh Ponpes Nazhatut Thullab, Sampang, KH Muhammad bin Muafi Zaini yang juga anggota Fraksi Golkar DPRD Jatim. Ikut serta memberikan tausiyah yakni Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar. Hadir pula Pengasuh Ponpes Darul Ulum Jombang sekaligus Mursyid Thoriqoh Qodiriyah wan Naqsabandiyah, KH Tamim Romly.

Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Muhammad Sarmuji dalam sambutannya mengajak peserta untuk terus memberikan doa kepada seluruh tenaga kesehatan, anggota TNI/Polri, dan Satgas yang terebar di seluruh daerah agar diberi kekuatan dalam menjalankan tugas menangani Covid-19.

“Di tengah rundungan duka terus-menerus kita semua bisa hadir dalam doa, memanjatkan permohonan kepada Allah Swt agar kita diberi kekuatan untuk menghadapi pandemi Covid-19 sekaligus kita berdoa agar segera berakhir,” papar Sarmuji.

“Mudah-mudahan Allah Swt mencabut segala penyakit yang saat ini menghinggapi negeri ini. Kita doakan semoga tenaga kesehatan kita kuat, TNI/Polri kuat, Satgas di desa-desa juga kuat dan selamat,” sambungnya.

Pemerintah, lanjut Sarmuji, telah mengerahkan segala kekuatan agar Covid-19 segera berakhir. Namun ikhtiar tersebut harus dilengkapi dan disempurnakan dengan panjatan doa kepada Allah Swt.

“Pemerintah telah mengerahkan segala kekuatan agar pandemi ini segera selesai. Prokes sudah dilakukan, PPKM darurat juga sudah dilaksanakan, namun semua ikhtiar ini harus kita sempurnakan dengan panjatan doa kepada Allah Swt,” kata Cak Sar — panggilan akrap Sarmuji.

Anggota DPR RI dari Dapil VI Jatim itupun mengajak seluruh ketua DPD Golkar Jatim untuk melengkapi ikhtiar pemerintah dengan melakukan puasa sampai keadaan membaik.

Menurut politikus yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Jember (PP Kauje) tersebut, para pemimpin di masa lalu selain berikhtiar fisik juga melakukan ikhtiar batin.

“Berpuasa di saat pagebluk itu sebenarnya juga telah dilakkukan oleh para pemimpin kita pada zaman dahulu.  Seperti pagebluk semacam Covid-19 ini, setiap pemimpin pasti mencari jalan ikhtiar batinnya sendiri,” ujar Sarmuji.

“Mulai besok (hari ini) saya akan berpuasa setiap hari, kecuali hari-hari yang diharamkan sampai keadaan membaik. Sebab, seluruh ikhtiar itu harus kita kembalikan kepada kekuatan Yang Maha Besar, kepada pemilik segala urusan, kepada pengatur segala urusan yaitu Allah Swt,” jelasnya.

Sampai kapan Sarmuji akan melaksanakan puasa? ”Minimal sampai PPKM darurat dicabut,” tuturnya.

Sementara itu Kiai Marzuki dalam tausiyahnya mengajak peserta istighotsah agar terus mendekatkan diri kepada Allah Swt, supaya segera mencabut ujian dan musibah yang menimpa umat Islam Indonesia dan dunia tersebut.

Secara khusus, Pengasuh Ponpes Sabilurrosyad, Kota Malang itu berpesan kepada kader Golkar agar menjaga persaudaraan dan kerukunan antarsesama.

» Baca Berita Terkait Golkar Jatim