Usai Roadshow Perpres 80, Khofifah Offroad Jelajahi JLS

OFFROAD JLS: Khofifah offroad jelajahi JLS sepanjang pantai selatan Malang. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
OFFROAD JLS: Khofifah offroad jelajahi JLS sepanjang pantai selatan Malang. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

MALANG, Barometerjatim.com – Usai roadshow selama beberapa hari di Jakarta terkait Peraturan Presiden (Perpres) No 80/2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi di Jatim, kali ini Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa offroad menjelajahi Jalan Lingkar Selatan (JLS) sepanjang pantai selatan Malang.

Perjalanan offroad dilakukan Khofifah, Sabtu (25/1/2020), untuk melihat akses yang masih terbuka jika JLS lot 9 selesai — dimulai sejak Juli 2019 dan direncanakan rampung 2022 — untuk beberapa pantai selatan yang berada di Kabupaten Malang.

Beberapa pantai yang dikunjungi gubernur perempuan pertama di Jatim itu, di antaranya Pantai Kondang Iwak, Pantai Kondang Merak, serta Jembatan Bajul Mati.

Selama perjalanan, Khofifah mengendarai mobil jeep mengingat lot 9 dibangun dengan pembukaan lahan serta beberapa perbukitan yang masih dalam proses pemadatan. Dia terlihat menikmati perjalanan meskipun medannya sangat menantang.

Khofifah menuturkan, pantai-pantai tersebut memiliki keindahan yang luar biasa kendati letaknya agak susah dijangkau. Bahkan, untuk Pantai Kondang Iwak memiliki keunikan tersendiri lantaran dibalut hamparan pasir besi, yang terlihat indah berkilauan saat terkena sinar matahari.

“Tetapi dalam waktu dua tahun ke depan, insyaallah akses jalan melalui JLS lot 9 selesai dan akan memudahkan akses wisatawan ke berbagai pantai tersebut,” katanya.

Khofifah juga berpesan agar wisatawan turut menjaga kebersihan pantai, dengan tidak membuang sampah sembarangan di sekitar wilayah pantai. Untuk itu, perlu ada penambahan tempat sampah di sekitar pantai.

“Mari kita selalu menjaga kebersihan pantai, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Mari kita selalu ikut menyayangi pantai,” tandasnya.

Di akhir kunjungannya, Khofifah bersama rombongan melihat Jembatan Bajul Mati yang dibangun di lot 8 JLS. Dia juga berharap bentangan Jembatan Jurang Mayit segera diseleseikan tahun ini, agar akses wisatawan dari dan ke Sendang Biru menuju wisata pantai lainnya dapat lebih cepat dan aman.

“Saya usul jika sudah selesei bentangannya, jembatan ini jangan menggunakan nama Jembatan Mayit tetapi Jembatan Sumber Bahagia,” tuntasnya.

» Baca Berita Terkait Pemprov Jatim