Usai Bonek Wani Tertib Lalu Lintas, Kini Bonita Wani Sehat

WANI SEHAT: Bonita, wani sehat bersama dalam sosialisasi sistem produksi wanita dan pemeriksaan IVA. | Foto: Barometerjatim.com/ENEF MADURI
WANI SEHAT: Bonita, wani sehat bersama dalam sosialisasi sistem produksi wanita dan pemeriksaan IVA. | Foto: Barometerjatim.com/ENEF MADURI

SURABAYA, Barometerjatim.com – Polrestabes Surabaya kian intens merangkul suporter klub sepakbola Persebaya. Usai membuat kegiatan “Bonek Wani Tertib Lalu Lintas” kini giliran Bonek Wanita (Bonita) diajak menjaga kesehatan terkait reproduksi wanita dan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) lewat kegiatan “Wani Sehat”.

“Bonek ini kan potensi bagi Kota Surabaya, bahkan Jawa Timur. Ini harus kita kelola supaya Bonek produktif, dari tata cara keseharian dan sebagainya,” kata Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan di Graha Bhara Daksa Mapolrestabes Surabaya, Minggu (15/4).

Nah, lanjut Kapolrestabes, “Hari ini fokus pada masalah kesehatan. Karena berdasarkan data tingginya angka kematian karena reproduksi, makanya saya punya ide dan menggandeng dokter Lula Kamal untuk memberdayakan para Bonita agar mendapatkan ilmu dan informasi tentang reproduksi tadi.”

• Baca: Kapolrestabes: Bonek Zaman Now! Wani Tertib Lalu Lintas

Dalam kegiatan ini, Bonita menerima paparan tentang kesehatan organ reproduksi. Peserta juga difasilitasi untuk memeriksakan organ kelaminnya melalui metode IVA, metode pencegahan dini kanker serviks.

“Namanya perempuan kalau sudah melakukan hubungan seksual, nikah atau enggak nikah, setahun kemudian harus melakukan pap smear atau IVA,” kata Lula.

Dokter blasteran Arab itu mengapresiasi langkah Polrestabes yang menginisiasi kegiatan peduli sehat di kalangan suporter sepakbola wanita.

“Saya senang sekali dari Surabaya Kapolrestabesnya memikirkan tentang Bonita. Saya ketika diajak sampai bilang: Kok sampai kepikiran begitu ya Pak Rudi,” ucap Lula.