Total! PAN Persembahkan Saksi Terlatih untuk Khofifah-Emil

SAKSI TERLATIH: Agus Maimun, PAN persembahkan saksi terlatih untuk mengawal pemenangan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2018. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
SAKSI TERLATIH: Agus Maimun, PAN persembahkan saksi terlatih untuk mengawal pemenangan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2018. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Totalitas ditunjukkan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam memenangkan paslon Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Pilgub Jatim 2018.

Tak hanya Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan yang bersafari ke Jatim, mereka juga menyiapkan saksi di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Saksi menjadi salah satu elemen penting untuk mengantisipasi kecurangan saat pemungutan maupun penghitungan suara.

Saksi yang disiapkan PAN juga bukan ‘karbitan’ jelang Pilkada, tapi mereka orang-orang terlatih yang selama ini sudah terbiasa mengawal suara Parpol yang berbasis massa warga Muhammadiyah tersebut, termasuk di Pemilu Legislatif.

“Secara internal kami ini punya divisi untuk saksi yang itu bukan dibentuk pada saat menjelang Pilkada, tapi ini divisi khusus mulai sekolahnya, peningkatan SDM, perekrutan sampai simulasi dan pembekalan yang lain,” terang Bendahara DPW PAN Jatim, Agus Maimun di Surabaya Jumat (16/2).

• Baca: Zulkifli: PAN Kunci Kemenangan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

Sehingga, kata Agus, untuk Pilgub Jatim tinggal sinkronasisi dan tugas darikoalisi Parpol terhadap PAN. “Prinsipnya PAN siap mempersembahkan saksi yang memang diminta oleh partai pengusung maupun tim secara keseluruhan,” tambahnya.

Menurut Agus, para saksi terlatih ini sudah ada di tingkat desa di seluruh kabupaten dan kota di Jatim. “Sekurang-kurangnya ada lima orang saksi di setiap desa,” katanya.

Guna lebih memperkuat lagi antisipasi kecurangan, nantinya akan dikonsolidasi lagi untuk menambah jumlah saksi, minimal satu orang per TPS. “Insyaallah kita memenuhi jumlah TPS yang ada dan itu akan dikonsolidasikan secara keseluruhan oleh ketua umum pada safari jilid II,” tandasnya.

• Baca: Gelar “Ibu PKH” Khofifah Disoal, PAN: Jangan Suka Nyinyir!

Sebelumnya, awal Februari lalu, Zulkifli turun langsung ke Jatim lewat safari politik untuk mengkonsolidasikan kadernya dalam memenangkan Khofifah-Emil. Bahkan, di setiap kota yang disinggahinya, Zulkifli menyebut PAN akan menjadi Parpol penentu kemenangan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2018.

“PDIP nasionalis, kita yang (akan mengambil suara) modernis. Kemana PAN terarah, itulah yang menentukan, yang bisa membuat selisih menjadi lebih kurang 10 persen,” kata saat mengakhiri safari politik-nya jilid I di JX Internasional Jalan A Yani, Surabaya, 7 Februari.

“Nanti omongan ketua umum PAN bisa dilihat. Keunggulan itu kira-kira 7 sampai 8 persen. Darimana itu? PAN yang memiliki 10 sampai 15 persen suara di Jatim akan menjadi penentu kemenangan Khofifah-Emil. Kita meyakini Khofifah–Emil Dardak terbaik untuk Jawa Timur,” tambahnya.