Tes Kesehatan Cagub, 12 Jam Khofifah Wajib ‘Cuti’ Ngopi

'BIANGNYA' NGOPI: Bakal Cagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa bisa menghabiskan 5-6 cangkir kopi dalam sehari. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
‘BIANGNYA’ NGOPI: Bakal Cagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa bisa menghabiskan 5-6 cangkir kopi dalam sehari. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Urusan ngopi, Khofifah Indar Parawansa memang ‘biangnya’. Bayangkan, selain sanggup menghabiskan lima sampai enam gelas dalam sehari, kopi yang diminum pun melebihi ‘dosis’ laki-laki: Kopi pahit alias tanpa gula.

Tapi khusus malam ini, Menteri Sosial yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU itu wajib berhenti ngopi, karena harus berpuasa selama 12 jam sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai salah satu syarat maju di Pilgub Jatim 2018, Jumat (12/1) besok.

“Aku ini kang tukang ngopi, jadi sudah harus distop, jam 8 malam nggak boleh ngopi,” katanya sambil tersenyum usai menjalani tes psikologi di Gedung Graha Amerta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo, Surabaya, Kamis (11/1).

Selebihnya, menghadapi tes kesehatan besok, Khofifah mengaku tidak memiliki persiapan khusus. “Nggak ada persiapan secara khusus. Mungkin besok agak lama ya, karena (pemeriksaan kesehatan) agak detail,” tuturnya.

• Baca: Istri Ketum PBNU Ikut Antar Khofifah-Emil Daftar ke KPU

Khofifah menambahkan, terkait tes psikologi hari ini memakan waktu sekitar dua jam. “Hanya tes tulis, kemudian menunggu untuk dipanggil tes wawancara,” ujarnya.

Senada disampaikan Emil Elestianto Dardak, bakal Cawagub Khofifah di Pilgub Jatim 2018. Dia juga tak memiliki persiapan khusus menghadapi tes kesehatan besok, karena sudah terbiasa tidak mengonsumsi makanan berat di atas pukul 20.00 WIB.

“Kalau puasa itu nggak masalah, karena kalau makan malam itu bikin gendut,” selorohnya yang disambut senyum awak media. “Jadi nggak perlu ada persiapan.”

PENUH SEMANGAT: Bakal Cagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa usai menjalani tes psikologi di Gedung Graha Amerta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo, Surabaya, Kamis (11/1). | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP
PENUH SEMANGAT: Bakal Cagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa usai menjalani tes psikologi di Gedung Graha RSUD dr Soetomo, Surabaya, Kamis (11/1). | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP

Namun hari ini Emil mengaku masih sedikit lelah setelah melakukan serangkaian aktifitas pendaftaran ke KPU Jatim dan setelahnya. “Sebenarnya kemarin (Rabu, 10/1) malam sudah pulang ke Trenggalek. Setelah tahu kabar tes ini, akhirnya balik lagi (ke Surabaya). Ngantuk sih,” paparnya diikuti tawa.

• Baca: Kawal Khofifah-Emil, Barisan Gus Sholah Dirikan Sekretariat

Dalam tes hari ini, Emil mengaku menjawab 500 lebih soal dalam waktu singkat. Meski terkesan mendadak, suami Arumi Bachsin itu bisa menyelesaikan semuanya dengan baik. “Ada soal terkait kepribadian. Terus wawancara yang cukup komprehensif untuk melihat kepribadian yang berkarakter,” jelasnya.

Selain pasangan Khofifah-Emil yang diusung koalisi Partai Demokrat, Golkar, Hanura, Nasdem, PPP, PAN dan PKPI, tes hari ini juga diikuti pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur yang diusung koalisi PKB, PDIP, PKS dan Gerindra.