Jumat, 02 Desember 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Ternyata, Robiatul Adawiyah Istri Ketua Forum Kiai Kampung

Berita Terkait

ISTRI GUS FAHRUR: Robiatul Adawiyah (kiri), istri Ketua Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur (FK3JT) KH Fahrur Rozi yang dikenal sebagai pendukung Saifullah Yusuf. | Foto: Barometerjatim.com/ENEF MADURY
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Seharian ini, Sabtu (26/8), nama Robiatul Adawiyah menjadi sorotan. Mengaku sebagai wakil ketua PC Muslimat NU Bangkalan, ternyata setelah ditelusuri namanya tidak ada di susunan pengurus periode 2016-2021.

Latas, siapa sebenarnya Ketua Forum Peduli Muslimat Jawa Timur (FPMJT) yang meminta Khofifah Indar Parawansa tidak maju di Pilgub Jatim 2018 dan memilih mendukung Saifullah Yusuf (Gus Ipul) tersebut?

Hasil penelusuran di PW Muslimat NU Jatim, Robiatul adalah putri Nyai Hj Salimah Cholil. “Masih sepupu Nyai Hj Muthmainnah Aschal (ketua PC Muslimat NU Bangkalan) tapi ada di Cangaan dan tidak pernah menjadi pengurus Muslimat NU Bangkalan,” kata salah seorang pengurus PW Muslimat NU Jatim sambil memperlihatkan SK Susunan Pengurus PC Muslimat NU Bangkalan periode 2016-2021.

• Baca: ‘Akrobat Politik’ Kiai Kampung: Balik Arah Dukung Gus Ipul

Robiatul, lanjutnya, menikah dengan putra kiai di Ponpes Cangaan, Bangil, yakni KH Fahrur Rozi atau yang akrab disapa Gus Fahrur.

Sekadar tahu, Gus Fahrur adalah Ketua Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur (FK3JT) yang di dua Pilgub Jatim sebelumnya (2008 dan 2013) mendukung penuh pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa).

Jelang Pilgub Jatim 2018, dia membawa forumnya ‘balik arah’ mendukung Khofifah. Namun 5 Agustus lalu melakukan ‘akrobat politik’, kembali mendukung Gus Ipul. Dalihnya, Gus Ipul sudah jelas maju dan diusung PKB, sementara Khofifah tak kunjung mendapat ‘izin’ dari Presiden Jokowi.

• Baca: Dukung Gus Ipul, Muslimat NU ‘Abal-abal’ Gentayangan

Saat dikonfirmasi, Gus Fahrur membenarkan kalau Robiatul Adawiyah memang istrinya. “Kalau istri iya,” katanya. “Beliau warga muslimat Bangkalan. Muslimat itu seorang muslim perempuan, kalau pria muslim,” katanya.

Namun saat ditanya apakah mengetahui kalau istrinya wakil ketua PC Muslimat NU Bangkalan, Gus Fahrur tak menjawab dengan tegas, “Manusia itu tempatnya salah dan lupa. Jika beliau salah ucap, mohon dimaafkan dan jangan diperpanjang,” katanya.

Gus Fahrur juga membantah kalau Forum Peduli Muslimat Jawa Timur (FPMJT) ada hubungannya dengan Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur (FK3JT). “Tidak ada hubungannya,” tandasnya pada wartawan.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -