Terbang ke Cilacap, Emil Turut Resmikan Pelayaran Perintis

PERESMIAN: Emil Dardak menghadiri peresmian pelayaran perdana Kapal Perintis Route-106 Jalur selatan Jawa di Pelabuhan Cilacap, Rabu (9/5). | Foto: Barometerjatim.com/ ROY HASIBUAN
PERESMIAN: Emil Dardak menghadiri peresmian pelayaran perdana Kapal Perintis Route-106 Jalur selatan Jawa di Pelabuhan Cilacap, Rabu (9/5). | Foto: Barometerjatim.com/ ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Malam hari usai tampil memukau di debat publik kedua Pilgub Jatim, Rabu (9/5) hari ini Emil Elestianto Dardak tak terlihat blusukan ke sejumlah daerah di Jatim seperti biasanya.

Rupanya, Cawagub nomor urut satu yang juga menjabat Wakil Ketua APKASI (Asosiasi Kepala Daerah Seluruh Indonesia) itu meluncur ke Jawa Tengah, menghadiri acara Peresmian Pelayaran Perdana Kapal Perintis Route-106 Jalur Selatan Jawa di Pelabuhan Tanjung Intan, Kabupaten Cilacap.

Dalam rilis yang diterima redaksi Barometerjatim.com, selain Emil turut hadir dalam pertemuan tersebut plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko; Bupati Cilacap, Tatto Pamuji; Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Chandra Irawan; serta Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo.

• Baca: Mantan Deputi Bappenas: Jawa Timur Butuh Emil, Dia ‘Orang Infrastruktur’

Kehadiran Emil, selain wakil ketua APKASI, juga karena dia tokoh inisiator dalam menggalang petisi tujuh kepala daerah dalam upaya membangun pelayaran perintis selatan Jawa.

Emil berharap adanya, pelabuhan pesisir selatan Jawa yang mampu menjadi awal kebangkitan sektor maritim dan perdagangan di selatan Nusantara. Adanya tol laut ini membuat angkutan barang diyakini akan jauh lebih efisien serta efektif karena bisa mengangkut barang lebih banyak.

“Kita harus berpikir muatan baliknya juga, Cilacap secara perdagangan memang lebih maju jika menggunakan perdagangan laut,” katanya.

Suami Arumi Bachsin tersebut juga menjelaskan potensi daerah-daerah yang melimpah untuk bisa diangkut melalui pelayaran perintis selatan Jawa ini.

• Baca: Istimewa! Duet Maut Anji-Emil ‘Sihir’ Milenial Malang

Salah satunya Trenggalek yang memiliki potensi genteng dan getah pinus. “Lalu di Pacitan memiliki potensi komoditas galian C, itu sangat melimpah,” katanya.

Sementara Bupati Cilacap, Tatto Pamuji mengatakan dengan adanya pelabuhan perintis pelayaran atau tol laut ini akan memudahkan meningkatkan ekonomi, baik di Cilacap khususnya maupun di wilayah eks karisidenan Banyumas.

“Di eks karisidenan Banyumas banyak produk-produk yang tidak hanya diperuntukkan untuk lokal, tapi juga untuk ekspor. Nah untuk ekspor ini memudahkan untuk pengiriman barang melalui tol laut,” ujarnya.