Rabu, 07 Desember 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Tanpa Mendaftar, Khofifah Dimungkinkan Diusung Golkar

Berita Terkait

BANYAK PINTU UNTUK MENDAFTAR: Harun Al Rasyid, tim Pilkada Golkar pusat memiliki hak penuh untuk merekomendasi bakal Cagub. Termasuk memasukkan nama yang tidak mendaftar di DPP.
| Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Selama 14 hari, 7 hingga 19 Agustus 2017, Partai Golkar Jatim membuka pendaftaran penjaringan bakal Cagub. Namun bagi yang mendaftar, termasuk Wagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul), tak ada garansi bakal diusung Parpol berlambang pohon beringin tersebut karena semua keputusan ada di tim Pilkada pusat.

Bahkan, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD Partai Golkar Jatim, Harun Al Rasyid menegaskan, ada kemungkinan DPP mengeluarkan rekomendasi untuk kandidat yang tidak mengikuti penjaringan di DPD, termasuk Khofifah Indar Parawansa.

“Itu memungkinkan, karena di Juklak 06/ 2016 itu diatur,” katanya di kantor Golkar Jatim, Jl Menanggal, Surabaya, Senin (7/8).

• Baca: Semangat Mendaftar, Belum Tentu Gus Ipul Diusung Golkar

Dalam penjaringan mulai tingkat bawah, lanjut Harun, “DPD menginventarisir, tetapi ketika nama ini diajukan ke pusat dan tim Pilkada pusat memiliki hak penuh. Karena partai ini keputusan tertinggi ada di pusat, artinya boleh memasukkan nama yang tidak terdaftar.”

Meski demikian, selama ini tim Pilkada pusat saat di pleno selalu melibatkan tim dari provinsi. Dia kemudian mencontohkan ketika penjaringan kepala daerah kabupaten/kota.

Bagaimana dengan kabar Khofifah yang memilih membangun komunikasi lewat DPP? Harun menanggapinya dengan santai dan sedikit senyuman. “Untuk level gubernur ada juga yang melalui DPP. Jika lewat DPD ya ikut penjaringan,” tukasnya.

Baca: Ketua DPP Golkar: Nusron Sangat Tegas Dukung Khofifah

Namun Harun juga mendapat kabar jika Khofifah akan ikut penjaringan di DPD Golkar. Tetapi semuanya tergantung pada Menteri Sosial yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut.

Hanya saja, berkaca dari penjaringan PDIP dan Partai Demokrat, Khofifah tidak ikut mendaftar. Sempat disebut-sebut akan ikut penjaringan Demokrat, namun hingga batas akhir Khofifah maupun orang yang mewakilinnya tak terlihat mengambil formulir pendaftaran.•

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -