Tanggap Trouble UNBK, Komisi E Apresiasi Kinerja Dindik

TINJAU PELAKSANAAN UNBK: Bersama Gubernur Soekarwo, anggota Komisi E DPRD Jatim peninjauan SMA 5 Surabaya, Senin (10/4).

SURABAYA, Barometerjatim.com – Anggota Komisi E DPRD Jatim, Agatha Retnosari memberikan apresiasi untuk Dinas Pendidikan (Dindik) dan jajaran sekolah atas sukses penyelenggaraan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) SMA tahun ini.

“Bukti keseriusan dengan cepat tanggap melakukan evaluasi dan perbaikan atas kekurangan pelaksaan UNBK SMK minggu lalu,” kata Agatha saat melakukan peninjauan ke SMA 5 Surabaya bersama Gubernur Jatim, Soekarwo, Senin (10/4).

“Saya juga mengucapkan selamat UNBK kepada adik-adik SMA/SMK semuanya, semoga sukses dan berhasil menjadi pondasi masa depan bangsa yang lebih maju,” katanya.

Di sisi lain, anggota Fraksi PDI Perjuangan itu meminta gubernur agar menciptakan sistem yang dapat memberikan insentif atau penghargaan kepada sekolah yg berhasil menyelanggarakan UNBK dengan baik.

Sementara Ketua Komisi E DPRD Jatim, Agung Mulyono mengatakan, pelaksanaan UNBK tahun ini berjalan lancar tanpa ada hambatan apapun, serta kejadian UNBK di SMK beberapa waktu lalu tidak boleh terulang lagi.

• Baca: Reses Awal Tahun, Agatha Lakukan Promotif Kesehatan

Untuk memastikan UNBK berjalan lancar dan sukses, Komisi E dan Dindik Jatim akan terus memantau pelaksanaan UNBK hingga selesai. Pihaknya juga meminta Dindik untuk melakukan pengawasan sistem UNBK.

“Nanti setelah ini akan kita evaluasi lagi. Semoga saja tidak ada kekurangannya atau trouble yang besar,” ucap anggota Fraksi Partai Demokrat itu.

Terkait trouble di SMA 10 dan SMA 17 Agustus, Agung mengatakan jika ada masalah trouble server dari lokal atau komputer gangguan, seharusnya ada kebijakan dari sekolah yaitu diberikan waktu tambahan sehingga tidak mengganggu psikologi siswa saat UNBK.

“Apabila terjadi seperti server komputer lebih baik ditangani sekolah, karena cepat ditangani tanpa menunggu lama,” ujarnya.