Tak Semua Eselon III-IV Dihapus, Khofifah: ASN Jangan Galau!

ESELON III-IV DIHAPUS: Khofifah minta ASN Pemprov Jatim tak galau. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
ESELON III-IV DIHAPUS: Khofifah minta ASN Pemprov Jatim tak galau. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Mulai tahun depan, paling lambat Juni 2020, jabatan eselon III dan IV bakal dihapus. Bagaimana kesiapan Pemprov Jatim?

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di provinsi yang dipimpinnya agar tak galau dengan rencana pemerintah tersebut.

“Nunggulah nanti keputusan Kemenpan RB, keputusan Kemendagri. Pokoknya jangan ada sesuatu yang menimbulkan pegawai resah, pegawai galau,” katanya usai membuka One Pesantren One Product (OPOP) Expo di Gedung JX International, Jalan A Yani, Surabaya, Jumat (29/11/2019).

Lagi pula, penghapusan jabatan eselon III dan IV tidak untuk semua unit. Secara umum hanya bagian layanan yang kaitannya dengan permudahan perizinan.

“Sudah di-exercise, jadi enggak semua, enggak semua,” tandas mantan Menteri Sosial dan Menteri Pemberdayaan Perempuan tersebut.

Selain itu, lanjut Khofifah, Presiden Jokowi juga menyampaikan, kalaupun ada unit tertentu yang secara struktural dihapus, hal itu tidak akan pernah mengurangi kesejahteraan pegawai yang bersangkutan.

“Jadi saya ingin, kita menyampaikannya secara komprehensif sehingga tidak menimbulkan kegalauan, kekhawatiran, gangguang terhadap faktor, terutama di rumah. Wah nanti income saya berkurang dan seterusnya,” paparnya.

Sementara Kemenpan RB lewat Sekretaris Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, Eddy Syah Putra membenarkan, tidak semua jabatan eselon III dan IV yang bersifat administrator dan pengawasan akan dihapus.

“Ada juga yang sesuai dengan kewenangan dan otoritasnya itu masih ditetapkan. Misalnya kepala kantor camat, lurah, itu memang tidak ada perampingan. Itu tetap,” jelasnya kepada media di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Sabtu (30/11/2019).

Menurut Eddy, Kemenpan RB saat ini sedang memetakan mana saja jabatan yang bisa dilakukan perampingan, dan mana saja jabatan yang tetap dipertahankan.

» Baca Berita Terkait Khofifah