Tak Ada Garis Komando, JKSN: TKD-Khofifah Hanya Koordinasi

SILATURAHIM TKD: Gus Hans (kanan) saat mendampingi Khofifah menerima silaturahim TKD Jokowi-Ma'ruf Amin wilayah Jatim, Rabu (3/10). | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
SILATURAHIM TKD: Gus Hans (kanan) saat mendampingi Khofifah menerima silaturahim TKD Jokowi-Ma’ruf Amin wilayah Jatim, Rabu (3/10). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Silaturahim Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowo-KH Ma’ruf Amin wilayah Jatim dengan Khofifah Indar Parawansa di kediamannya, Jemursari, Surabaya, Rabu (3/10) hari ini cukup menarik perhatian.

Maklum, meski sama-sama mendukung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019, Khofifah enggan bergabung dengan TKD dan memilih bergerak terpisah dengan mendirikan Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN).

Sekjen JKSN, KH Zahrul Azhar As’ad menegaskan, pertemuan hari ini sebatas koordinasi. “Tadi disampaikan, Ibu akan konsens di JKSN karena jaringannya nasional,” kata kiai muda yang akrab disapa Gus Hans tersebut pada Barometerjatim.com usai mengikuti pertemuan.

• Baca: Silaturahim ke Khofifah, TKD Jatim Dihadiahi ‘Serban Jokowi’

“Kita tidak memiliki garis komando dengan TKD, jadi ya sebatas koordinasi saja. Mungkin kita akan masuk di relung-relung yang mungkin TKD tidak bisa masuk,” tambahnya.

Gus Hans mencontohkan soal pengaturan segmentasi garapan. Mungkin ada komunitas yang tidak bisa dimasuki TKD dengan sentuhan formal, maka JKSN yang akan masuk dengan caranya yang cenderung kultural.

“Intinya, insyaallah kita jalan seiring, tapi tidak memiliki garis komando dengan TKD karena koordinasi JKSN langsung ke Pak Jokowi,” tandas mantan ketua Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Jatim itu.

• Baca: Menangkan Jokowi-Ma’ruf, Khofifah Gerakkan ‘Mesin’ JKSN

Dalam pertemuan tersebut, menurut Gus Hans, TKD juga sempat ‘curhat’ kalau ada beberapa wilayah yang agak susah dimasuki. “Ada tiga kabupaten kalau tidak salah yang tidak bisa dimasuki TKD secara optimal,” katanya.

Namun pengasuh Ponpes Queen Al Azhar Darul Ulum Jombang itu enggan mengungkap, kabupaten mana saja dengan alasan wilayah strategis. “Saya tidak bisa sampaikan karena masuk wilayah strategis. Nah, hal-hal seperti itu yang tadi didiskusikan,” katanya.

Silaturahim Produktif

Sementara itu Ketua TKD Jokowi-Ma’ruf wilayah Jatim, Machfud Arifin menyatakan pertemuan dengan Khofifah akan semakin memperkuat pemenangan paslonnya di Jatim. Khofifah dinilainya sebagai tokoh dengan jaringan kuat, terutama di kalangan Nahdlatul Ulama dan kelompok perempuan.

“Ini silaturahim yang sangat produktif, dimana beliau sebagai tokoh memberi masukan-masukan bagi TKD Jatim. Insyaallah ini membuat gerak pemenangan Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf di Jatim semakin sistematis dan efektif,” ujar mantan Kapolda Jatim itu.

• Baca: Pengamat: Pencawapresan Kiai Ma’ruf Hanya Untungkan PKB

Kedatangan Machfud di kediaman Khofifah ditemani sejumlah pengurus TKD, di antaranya Otman Ralibi (sekretaris) dan Sri Untari Bisowarno (wakil sekretaris). Sementara Khofifah, selain didampingi Gus Hans juga Ketua Umum JKSN, KH M Roziqi.