Selasa, 06 Desember 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Surya Paloh Terima Doktor HC, JK: Tokoh Penuh Ide dan Perubahan, Bukan Hanya Bicara!

Berita Terkait

TOKOH SARAT PERUBAHAN: Jusuf Kalla hadiri penganugerahan gelar doktor honoris causa untuk Surya Paloh. | Foto: IST
TOKOH SARAT PERUBAHAN: Jusuf Kalla hadiri penganugerahan gelar doktor honoris causa untuk Surya Paloh. | Foto: IST
- Advertisement -

MALANG, Barometerjatim.com – Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) menghadiri pemberian gelar doktor honoris causa (HC) untuk Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) Malang, Senin (25/7/2022).

“Saya menyampaikan selamat atas penghargaan doktor honoris causa kepada Pak Surya Paloh,” kata Jusuf Kalla yang mengaku sudah lama mengenal politikus dan tokoh pers itu.

Menurut JK, Surya Paloh merupakan tokoh yang sedari dewasa sudah menginginkan perubahan. “Apakah di bidang politik, bisnis, karena itu bukan hanya dengan bicara,” katanya.

“Justru dengan partainya itu, selalu idenya bagaimana menjadi lebih baik dalam perubahan-perubahan politik dan ekonomi, konsisten dengan media, untuk mencapai negara maju dengan perubahan-perubahan yang baik,” sambung JK.

Sebelumnya, Dekan FISIP UB, Dr Sholih Muadi membeberkan alasan terkait pemberian gelar doktor honoris causa untuk Surya Paloh.

Pertama, Surya Paloh sebagai tokoh yang telah berpengalaman di dunia pers dan media, terbukti berjasa dan berperan aktif dalam meneguhkan demokratisasi di Indonesia melalui inovasi di bidang pers dan media.

Tindakannya ini, dinilai FISIP UB mampu mendorong diseminasi informasi publik secara inklusif, sehingga memungkinkan hadirnya ruang publik yang lebih egaliter bagi masyarakat luas.

Kedua, Surya Paloh yang juga menjadi salah satu pimpinan dari partai berpengaruh di Indonesia, telah berjasa mendorong iklim politik kebangsaan yang lebih berintegritas dengan memperkenalkan gagasan restorasi Indonesia dan tradisi baru yakni politik tanpa mahar.

“Komitmennya terhadap sikap antikorupsi dan antipolitik uang telah dibuktikan melalui serangkaian kebijakan Partai Nasdem yang relevan dengan semangat pemberantasan korupsi,” kata Sholih.

Ketiga, Surya Paloh membuktikan dedikasinya pada bidang kemanusiaan dan budaya yang ditunjukkan melalui misi penyelamatan WNI yang disandera kelompok militan di Filipina.

Surya Paloh juga menerima gelar kehormatan adat di banyak daerah di Indonesia dan tokoh komunikasi lintas budaya. Bahkan dianugerahi profesor kehormatan dari Beijing Foreign Studies University, China.

Keempat, Surya Paloh secara sah diakui sebagai seorang negarawan oleh pemerintah, baik sebagai tokoh pers maupun seorang yang telah luar biasa berjasa di bidang jurnalistik, politik, budaya, dan kemanusiaan.

“Perannya ini bermanfaat bagi kemajuan, kesejahteraan, dan kemakmuran bangsa dan negara dengan dibuktikan melalui penerimaan dua kali anugerah tanda kehormatan Bintang Mahaputera oleh Presiden RI,” jelas Sholih.

» Baca berita terkait Surya Paloh. Baca juga tulisan terukur lainnya Rofiq Kurdi.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -