Rabu, 28 September 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Surabaya Klaim Pasien Sembuh Corona 1.380, Jatim: Cuma 70!

Berita Terkait

BEDA DATA: Joni Wahyuhadi, pasien sembuh Covid-19 di Surabaya tak sampai ribuan. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
BEDA DATA: Joni Wahyuhadi, pasien sembuh Covid-19 di Surabaya tak sampai ribuan. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Klaim jumlah pasien sembuh virus Corona (Covid-19) di Surabaya yang mencapai 1.380 orang, ditepis Ketua Gugus Tugas Kuratif Penanganan Covid-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi.

Menurutnya, data soal Covid-19 yang masuk ke Jatim tetap mengacu pada jumlah pasien terkonfirmasi positif, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Memang, kalau di dalam pemantauan itu tidak sakit, tidak ada menunjukkan tanda-tanda klinis, mungkin ini dicatat ya ndak sakit,” kata Joni saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (25/4/2020).

Dokter yang juga Dirut RSUD dr Soetomo, Surabaya itu menegaskan, dari data gugus tugas pusat, jumlah ODP di Surabaya 2.230, PDP 601 dan yang sudah tidak diawasi lagi 345.

“Lha mungkin yang enggak diawasi lagi bisa dicatat mungkin sembuh ya. Tapi sebenarnya kriterianya ya lepas dari PDP,” tandasnya.

“Nah catatannya yang di pusat, confirm-nya (pasien positif) Surabaya itu 368, sembuhnya 70. Kemudian dirawat 248, meninggal 50. Ini yang tercatat di kita dan data ini diambil dari seluruh rumah sakit.”

Kalau di Surabaya, data diambil dari rumah sakit termasuk RSUD dr Soetomo, RS Universitas Airlangga (RSUA), RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH) serta RSUD dr Mohamad Soewandhie.

“Jadi kondisi yang tercatat di kita seperti ini. Kalau mungkin ditafsirkan yang usai PDP atau usai ODP, ya cukup banyak memang. Kalau yang sembuh dari confirm Covid-19 (di Surabaya) ya cuma 70,” jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya menyebut jumlah pasien yang sembuh dari Corona sebanyak 1.380 orang. Angka itu berdasarkan data pemantauan yang dimiliki Dinkes per Rabu (22/4/2020) pukul 16.00 WIB.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Surabaya, dr Ponco Nugroho mengatakan, 1.380 pasien sembuh tersebut terdiri dari 1.086 ODP, 243 PDP dan 51 orang pasien terkonfirmasi.

“Angka kesembuhan lebih tinggi enam persen dari pada kematian,” kata Ponco kepada wartawan di Balai Kota Surabaya, Kamis (23/04/2020).

Lanjut Ponco, mereka yang sembuh merupakan pasien rawat jalan dan rawat inap. Pemkot Surabaya, disebut Ponco selama ini juga telah memberikan perhatian.

Mulai dari permakanan sehari tiga kali, minuman tradisional pokak, telur rebus, vitamin, masker bahkan kebutuhan pribadi. Seperti sikat gigi, sisir, sabun mandi, shampo, piring, sampai sendok.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -