Songsong Ramadhan, DMI Bersih-bersih 600 Masjid

BERSIH-BERSIH MASJID: Kegiatan bersih-bersih masjid di Masjid Cheng Ho Surabaya untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1438 H. | Foto: Barometerjatim.com/RADITYA DP

SURABAYA, Barometerjatim.com – Banyak cara dilakukan untuk menyongsong bulan suci Ramadhan 1438 H. Dewan Masjid Indonesia (DMI) misalnya, menggelar acara bersih-bersih masjid.

Total lebih dari 600 masjid di seluruh Indonesia yang tersebar di 11 provinsi dan 33 kabupaten/kota menjadi sasaran kegiatan yang sudah berlangsung sejak 21 April dan akan berakhir pada 23 Mei tersebut. Khusus di wilayah Jatim ada 145 masjid yang dibersihkan dan 80 di antaranya berada di Surabaya.

Ketua Dewan Masjid Jawa Timur, H Rosiki mengatakan bersih-bersih masjid merupakan bentuk partisipasi aktif masyarakat dalam menyongsong bulan Ramadhan.

Dengan masjid yang bersih diharapkan berbagai kegiatan yang diselenggarakan di masjid selama Ramadhan bisa berlangsung khusyuk. Mulai shalat wajib, shalat sunnah, tarawih, pesantren kilat maupun saat sahur dan kegiatan buka bersama.

• Baca: Jumat Berkah, PCNU-Lazisnu Berbagi Nasi Bungkus

“Ini sebagai upaya mempersiapkan hati menyambut Ramadhan. Selain itu, bersih-bersih masjid mewujudkan salah satu pilar paling penting bagi umat muslim yaitu menjaga kebersihan lahiriah dan batiniah,” terang mantan Kakanwil Depag Jatim tersebut.

Untuk kegiatan bersih-bersih masjid di Surabaya dilangsungkan di Masjid Cheng Ho. Dipilihnya masjid ini, kata Rosiki, selain ada unsur sejarah juga menjadi simbol kerukunan sesama umat muslim lintas etnis.

“Islam itu tidak mengenal perbedaan, penuh kedamaian dengan semua golongan dan Masjid Cheng Ho ini menjadi Simbolnya,” katanya.