Siswa SMA/SMK Jatim UNBK, Khofifah Kembali Berpuasa!

Khofifah, Azwar Anas, Saiful Rachman mendoakan siswa SMA/SMK yang akan UNBK. | Foto Barometerjatim.com/marjan ap
Khofifah, Azwar Anas, Saiful Rachman doakan siswa yang akan UNBK. | Foto Barometerjatim.com/marjan ap

BANYUWANGI, Barometerjatim.com – Tak ada gurat lesu di wajah Khofifah Indar Parawansa, saat meninjau siswa yang tengah melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di SMKN 1 Banyuwangi dan SMA Muhammadiyah 6 Rogojampi, Senin (25/3/2019).

Sebaliknya, gubernur perempuan pertama di Jatim itu terlihat penuh semangat. Padahal dia tengah berpuasa untuk meriyadhoi siswa-siswi SMA yang tengah UNBK, agar diberi Allah Swt kemudahan saat mengerjakan soal dan mencapai hasil maksimal.

Bagi Khofifah, ini bukan puasa pertama yang dilakukan untuk mendoakan siswa SMA/SMK di Jatim. Sebelumnya, dia juga melakukannya saat para siswa melakoni USBN-BKS (Ujian Nasional Berstandar Nasional Berbasis Komputer dan Smartphone), 4-7 Maret 2019.

Kala itu, Khofifah mengawalinya dengan menggelar shalat hajat berjamaah, dilanjut sahur dan shalat subuh berjamaah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (4/3/2019).

Munajat juga diikuti Wagub Emil Elestianto Dardak, Sekdaprov Heru Tjahjono, pimpinan OPD di lingkungan Setdaprov, para pejabat eselon di lingkungan Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, para kepala sekolah serta pimpinan berbagai lembaga pendidikan di Jatim.

Khofifah menuturkan, shalat hajat berjamaah dan sahur bersama ini digelar agar Allah Swt memberi para siswa ketenangan, fokus, dan penuh konsentrasi  saat mengerjakan soal ujian sehingga lulus dengan nilai memuaskan.

Para Siswa Terharu

Khofifah, Azwar Anas, Saiful Rachman mendoakan siswa SMA/SMK yang akan UNBK. | Foto Barometerjatim.com/marjan ap
Khofifah, Azwar Anas, Saiful Rachman salami siswa yang akan UNBK. | Foto Barometerjatim.com/marjan ap

Sementara saat meninjau UNBK di Banyuwangi, Khofifah yang ditemani Kepala Dindik Jatim, Saiful Rachman dan Bupati Abdullah Azwar Anas mengawalinya dengan menyapa langsung para siswa yang akan melaksanakan UNBK.

Sejenak, perempuan yang juga Ketum PP Muslimat NU itu memberikan pengarahan pada para siswa yang bakal melaksanakan ujian, serta mendoakannya agar mendapat kelancaran.

“Saya, Pak Emil, jajaran Pemprov puasa untuk kalian. Semoga dilancarkan ya ujiannya,” kata Khofifah sambil menyalami para siswa satu persatu. Para siswa pun terlihat haru mendapat dukungan penuh, termasuk spiritual, dari gubernurnya.

Khofifah menambahkan, kegiatan meninjau pelaksanaan UNBK ini dilakukan seperti halnya saat meninjau USBN-BKS di sejumlah SMA di Surabaya. “Mumpung di sini, saya ikhtiarkan untuk meninjau persiapan UNBK di SMKN 1 Banyuwangi,” katanya.

Soal puasa yang dilakukannya bersama OPD di Pemprov Jatim, Khofifah ingin agar para siswa merasa bahwa pimpinan mereka turut hadir saat mereka berjuang menyelesaikan soal UNBK.

Hal ini juga wujud dari salah satu program di Nawa Bhakti Satya: Jatim Berkah. Dengan berpuasa dan berdoa, diharapkan anak-anak mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan berkah.

“Jaringan OPD, Pak Emil, saya rasa bahkan 2/3 OPD lah kita ikut berpuasa. Kami akan antarkan ikhtiar akhir mereka, supaya mereka ketahui bahwa kami hadir dalam ujian mereka,” tegasnya.•

» Baca Berita Terkait Khofifah, Dindik Jatim