Siaga Lebaran, RSUD di Lamongan Tambah Dokter Jaga

SIAGA LEBARAN: RSUD dr Soegiri Lamongan tetap beroperasi 24 jam dan tambah dokter jaga. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
SIAGA LEBARAN: RSUD dr Soegiri Lamongan beroperasi 24 jam dan tambah dokter jaga. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR

LAMONGAN, Barometerjatim.com – Hari libur dan cuti bersama lebaran tahun ini, RSUD dr Soegiri Lamongan masih akan beroperasi 24 jam dan siaga memberikan pelayanan kesehatan terhadap warga secara maksimal.

“Ini untuk memberikan jaminan pelayanan kesehatan tetap berjalan di RSUD dr Soegiri. Jadi meski hari libur, bukan berarti pelayanan kesehatan juga diliburkan,” kata Direktur RSUD dr Soegiri, dr Chaidir Annas, Selasa (28/5/2019).

Chaidir menyampaikan, selain IGD, beberapa unit pelayanan di RSUD dr Soegiri juga tetap berjalan seperti biasa. Mulai pelayanan instalasi rawat inap, hemodialis, radiologi, laboratorium, farmasi dan beberapa pelayanan lainnya.

“Pelayanan di instalasi hemodialis atau cuci darah libur di tanggal 5 Juni. Namun diganti pada hari Minggu sebelumnya, yakni tanggal 2 Juni,” ungkapnya

Pihak RSUD dr Soegiri Lamongan juga telah membuat standar operasional prosedur (SOP) kesiapsiagaan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Dalam SOP tersebut sudah diatur daftar jaga dokter serta daftar jaga petugas selama libur lebaran. Tujuh ambulans, termasuk di dalamnya mobil jenazah juga siap dipakai 24 jam.

“Untuk dokter jaga yang biasanya ada tiga orang yang stand by di IGD, pada libur lebaran kali ini ditambah dua dokter jaga jadi lima orang,” tuturnya.

Siagakan 33 Puskesmas

Menghadapi libur dan cuti bersama lebaran ini, Pemkab Lamongan juga siagakan 33 Puskesmas untuk tetap beroperasi 24 jam dan disiagakan satu perawat, satu bidan dan satu sopir ambulans.

“Dokter disiapkan dengan sistem on call yang siap dihubungi 24 jam,” kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lamongan, Agus Hendrawan.

Selain di Puskesmas, lanjut Agus, para tenaga kesehatan juga disiapkan pada lima pos jaga pengamanan. Mereka di antaranya akan secara bergiliran bertugas di Pos Pam Terminal Lamongan, Pos Pam Pasar Kota, Pos Pam Stadion Surajaya, Pos Pam Pasar Babat dan Pos Pam WBL dari 29 Mei sampai 10 Juni 2019.

“Dinas Kesehatan juga menunjuk beberapa rumah sakit sebagai rumah sakit rujukan. Yakni RSUD dr Soegiri, RSUD Ngimbang, RSI Nashrul Ummah, RSM Lamongan, RS dr Soeyudi Paciran dan RSM Babat,” tambahnya.

» Baca Berita Terkait Lamongan