Sesama Kader PAN, Kang Yoto Dukung Kuswiyanto

KANDIDAT KUAT: (Dari kiri) Kuswiyanto (PAN), Mitroatin (Golkar) dan Anna Muawanah (PKB), tiga kandidat kuat di Pilbup Bojonegoro.

BOJONEGORO, Barometerjatim.com – Pemilihan Bupati (Pilbup) Bojonegoro 2018 mulai menghangat, terlebih dukungan bakal calon kian terbuka. Termasuk Bupati Bojonegoro, Suyoto yang terang-terangan mendukung Anggota Komisi VII DPR RI/Fraksi PAN dari Dapil Jatim IX (Bojonegoro-Tuban), Kuswiyanto.

“Kalau saya ditanya dari internal partai, ya tentu saya bilang Pak Kus (Kuswiyanto) dan saya sudah ngomong dimana-mana itu,” katanya di rumah dinas Bupati Bojonegoro, akhir pekan lalu. “Saya kan orang PAN, maka aspirasi saya ke Pak Kus.”

Tapi sebagai bupati, lanjut Kang Yoto — sapaan akrab Suyoto — dirinya harus memfasilitasi semua kandidat. “Saya bersyukur sudah ada sembilan nama yang beredar dan sudah saya fasilitasi supaya semuanya punya kesempatan untuk ketemu rakyat,” katanya.

• Baca: Kang Yoto Tak Menutup Diri untuk Dampingi Khofifah

“Saya sudah ngomong sejak tahun lalu, beri kesempatan semuanya untuk bicara dengan rakyat. Nanti kira-kira Juni-Agustus mulai kelihatan siapa yang potensial, baru berunding dengan partai-partai.”

Tugas memfasilitasi kandidat ini, lanjut Kang Yoto, juga bagian dari mandat Peraturan Daerah (Perda). “Dalam RPJMD No 6 disebutkan membangun politik, kepemimpinan transformatik. Jadi tugas memfasilitasi semuanya itu mandat Perda,” tandasnya.

Dan tongkat estafet lebih pas kalau kepemimpinan Kang Yoto dilanjutkan kader PAN? “Kalau saya ditanya pasti begitu. Karena itu, dukunglah Pak Kuswiyanto, he.. he,” selorohnya.

SESAMA KADER PAN: Kang Yoto, mendukung penuh Kuswiyanto di Pemilihan Bupati Bojonegoro 2018. | Foto: Barometerjatim.com/RADITYA DP

Dalam Pilkada serentak 2018 di Jatim, Pilgub Bojonegoro akan digelar bersamaan dengan Pilkada di 18 kabupaten/kota lain termasuk Pilgub Jatim.

Selain Kuswiyanto, dua nama kandidat kuat lainnya yakni Ketua DPRD Bojonegoro/Fraksi Golkar, Mitroatin dan Anggota Komisi XI DPR RI/Fraksi PKB dari Dapil Jatim IX, Anna Muawanah.

Namun Anna enggan berkomentar ketika ditanya kesiapannya maju di Pilbup Bojonegoro.

“Haduh, pertanyaannya yang gampang-gampang saja,” katanya di sela mendampingi Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan Masjid As-Shofiyah Ponpes Modern Al Fatimah Bojonegoro yang dirangkai dengan Haflah Maulidiyah X.

  • PILKADA 2018 DI JAWA TIMUR
  1. Prov. Jawa Timur
  2. Kab. Probolinggo
  3. Kab. Sampang
  4. Kab. Bangkalan
  5. Kab. Bojonegoro
  6. Kab. Nganjuk
  7. Kab. Pamekasan
  8. Kab. Tulungagung
  9. Kab. Pasuruan
  10. Kab. Magetan
  11. Kab. Madiun
  12. Kab. Lumajang
  13. Kab. Bondowoso
  14. Kab. Jombang
  15. Kota Malang
  16. Kota Mojokerto
  17. Kota Kediri
  18. Kota Madiun
  19. Kota Probolinggo