Selasa, 06 Desember 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

September, Tol Mojokerto-Kertosono 40,5 Km Beroperasi

Berita Terkait

TINGGAL SEKSI 4: Ruas tol ini Mojokerto-Kertosono tinggal menyelesaikan seksi 4 yang menjadi penghubung dengan tol Solo-Kertosono. | Foto: Ist
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sekitar sebulan lagi, masyarakat bisa menikmati ruas tol Mojokerto-Kertosono sepanjang 40,5 Km. Diperkirakan seluruh pembangunan fisik dan keperluan jalan selesai akhir Agustus ini.

“Jalan tol Mojokerto-Kertosono sekarang sudah selesai secara konstruksional,” terang Kepala Dinas PU Binamarga, Gatot Sulistiyo Hadi di Kantornya, Jl Injoko Surabaya, Kamis (10/8).

Ruas tol ini dibangun dalam empat seksi. Pada seksi 1, 2 dan 3 sudah selesai semua. Saat ini tinggal menyelesaikan seksi 4 yang menjadi penghubung dengan tol Solo-Kertosono, membentang antara Desa Gondangmanis dan Brodot di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang.

• Baca: Jalan Provinsi Rusak, Pemprov Tunggu Pemenang Tender

Untuk bisa dioperasikan, ruas tol seksi 4 ini masih menunggu SLO (Sertifikat Layak Operasi) dari Kementerian PU. “Jadi nanti dilihat kekuarangannya apa? Namun secara fisik sudah selesai. Kemungkinan awal September SLO sudah keluar dan jalur itu bisa dioperasikan,” tegasnya.

Sebelumnya pengerjaan jalur tol ini sempat mengalami hambatan sehingga pengoperasiannya molor. Awalnya jalur ditargetkan bisa beroperasi penuh pada akhir Juli 2017.

Saat itu pembangunan ruas tol Mojokerto-Kertosono menyisakan seksi 2 dan 4. Progress kontruksi di seksi 2 sepanjang 19,9 Km, sementara di seksi 4 sepanjang 0,9 Km.

• Baca: Bangun Jalan, Pemkab Lamongan Siapkan Rp 121,5 M

Seksi 2 membentang antara Desa Kedunglosari-Tembelang-Jombang hingga Desa Pageruyung-Gedeg-Kabupaten Mojokerto.

Selama menunggu seksi 2 dan 4, ruas Tol Mojokerto-Kertosono baru dioperasikan pada seksi 1 dan 3. Seksi 1 sepanjang 14,7 Km telah dioperasikan sejak Oktober 2014. Bagian ini menghubungkan Bandar Kedungmulyo dengan Tembelang Kabupaten Jombang.

Sementara seksi 3 sepanjang 5 Km antara Desa Kemantren-Kecamatan Gedeg hingga Desa Canggu-Kecamatan Jetis dioperasikan Desember 2016. Ruas tol ini terkoneksi dengan seksi 4 tol Surabaya-Mojokerto (Sumo).

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -