Seniman Campursari: Khofifah Kuat, Calon Lain Lewat

    PILIH NOMER SIJI: Seniman campursari deklarasi dukungan untuk Khofifah-Emil di Rumah Aspirasi, Jalan Diponegoro, Surabaya, Minggu (6/5). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
PILIH NOMER SIJI: Seniman campursari deklarasi dukungan untuk Khofifah-Emil di Rumah Aspirasi, Jalan Diponegoro, Surabaya, Minggu (6/5). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Ratusan seniman campursari berkumpul di Rumah Aspirasi, Jalan Diponegoro, Surabaya, Minggu (6/5). Sambil menunggu acara dimulai, secara bergantian mereka unjuk aksi melantunkan tembang-tembang khas Jawa Timuran.

Kehadiran seniman dari Paguyuban Seniman Tradisional Campursari Guyub Rukun “Susigres” (Surabaya-Sidoarjo-Gresik) tersebut untuk melakukan deklarasi dukungan terhadap pasangan Cagub-Cawagub Jatim nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak.

Mereka diterima Ketua Tim pemenangan Khofifah-Emil, KH M Riziqi serta Ketua Sekber Relawan Khofifah-Emil, Arie Kusuma. Sementara Khofifah maupun Emil tidak ada di tempat karena sedang melakukan kunjungan ke sejumlah daerah di Jatim.

• Baca: Mayoritas Warga NU Pilih Khofifah-Emil, Ini Hasil Surveinya

Ketua Paguyuban Seniman Tradisional Campursari Guyub Rukun Susigres, Kasipan menuturkan, dukungan ini sebenarnya bukan yang pertama kali untuk Khofifah. Sebab, di dua Pilgub Jatim sebelumnya (2008 dan 2013) mereka tak pernah absen mendukung perempuan yang juga ketua umum PP Muslimat NU tersebut.

“Bu Khofifah itu pandai, cerdas dan kuat. Kuat pikirannya, kuat tenaganya, kuat nomor satu. Kalau calon yang lain lewat, tidak ada apa-apanya. Makanya kami selalu mendukung Bu Khofifah,” katanya usai deklarasi.

“Bu Khofifah kuat pikirannya, kuat tenaganya. Calon yang lain lewat, tidak ada apa-apanya. Numpak Uber mudun Tanjungsari, sing dadi gubernur nomer siji.

Kasipan optimis jika Khofifah-Emil terpilih nasib budaya asli Jawa Timur akan berkembang dan terawat lebih baik. “Jangan ada lagi budaya kita yang diklaim bangsa lain, dan saya percaya Bu Khofifah mampu melestarikan budaya kita,” ucapnya.

Terkait strategi pemenangan, Kasipan menegaskan paguyuban akan bergerak lewat berbagai acara, mulai gelaran campursari, kerja sosial, arisan kampung hingga mengajak anak kampus yang peduli budaya tradisional.

JAWA TIMURAN: Seniman campursari unjuk aksi tembang-tembang Jawa Timuran usai deklarasi dukungan untuk Khofifah-Emil, Minggu (6/5). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
JAWA TIMURAN: Seniman campursari unjuk aksi tembang-tembang Jawa Timuran usai deklarasi dukungan untuk Khofifah-Emil, Minggu (6/5). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

“Anggota paguyuban ada 600 orang lebih. Mereka akan ramai-ramai mengajak keluarga maupun tetangga untuk memenangkan Khofifah-Emil. Kami juga punya jaringan di Jatim, di luar Surabaya, Sidoarjo dan Gresik,” katanya.

“Kami bergerak di akar rumput. Dari jumlah ratusan, kami yakin akan menjadi ribuan suara untuk Ibu Khofifah. Numpak uber mudun Tanjungsari, sing dadi gubernur nomer siji,” tambahnya berparikan.

• Baca: 3 Lembaga Survei: Massa PKB Ramai-ramai Pilih Khofifah-Emil

Sementara Ketua Tim Pemenangan Khofifah-Emil, KH M Roziqi menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan. Tentu, kata Roziqi, dukungan ini akan menjadi energi baru untuk memenangkan pertarungan di Pilgub Jatim 2018, 27 Juni mendatang.

Alhamdulillah kami mendapat tambahan amunisi dukungan dari para seniman campursari. Ini sangat positif dalam rangka memenangkan paslon kami,” katanya.