Sempurna! Balde Hattrick, Persebaya Bantai Persib 4-0

SELEBRASI: Pemain Persebaya, Amido Balde cetak hattrick ke gawang Persib Bandung. | Foto: Barometerjatim.com/DANI IQBAAL
SELEBRASI: Pemain Persebaya, Amido Balde cetak hattrick ke gawang Persib Bandung. | Foto: Barometerjatim.com/DANI IQBAAL

SURABAYA, Barometerjatim.com – Persebaya Surabaya tampil sempurna pada pekan ketujuh Liga 1 di Gelora Bung Tomo, Jumat (5/7/2019) sore. Tak tanggung-tanggung, Persib Bandung dibantai 4-0, tiga gol di antaranya buah hattrick Amido Balde.

Meski tampil tanpa diperkuat tiga pemain pilar, Persebaya tidak mau kembali kehilangan kemenangan saat bermain di hadapan suporter fanatiknya, Bonek. Sebaliknya, tim tamu juga memburu kemenangan untuk memperbaiki posisi di klasemen.

Persebaya yang diasuh Djajang Nurdjaman langsung bermain agresif di awal laga. Di menit ke-9, Amido Balde bahkan sudah menusuk dari sisi kanan, memberi umpan ke depan gawang Persib namun Manuchehr Jalilov gagal mengonversinya menjadi gol.

Tak mau ditekan, Persib mengimbangi dengan bermain menyerang. Peluang nyaris membuat gol di menit ke-15 berantakan,  lantaran tendangan penyerang Ezechiel N’Douassel masih diblok kiper Persebaya.

Di menit ke-34, bola sundulan Amido Balde dari umpan jauh M Hidayat akhirnya mengubah skor menjadi 1-0. Kemudian, satu menit sebelum babak pertama berakhir, Balde kembali mencetak gol keduanya, Persebaya leading 2-0.

Babak kedua berjalan. Di menit ke-58 penyerang asing Persebaya asal Guinea Bassau itu mencetak gol ketiga, dan skor berubah menjadi 3-0 untuk Bajul Ijo.

Persib mencoba memperkecil skor lewat sundulan Ezechiel N’Douassel hasil umpan Gozali di menit ke-75, namun hanya melenceng tipis di atas gawang Miswar Saputra. Empat menit setelahnya, kembali N’Douassel mendapat peluang emas tapi kali ini bola sundulannya tepat mengenai tiang gawang Persebaya.

Di menit ke-81, serangan balik yang rapi dilakukan Persebaya dan Irfan Jaya mamperlebar keunggulan timnya menjadi 4-0. Gelora Bung Tomo pun makin gemuruh, karena kemenangan besar atas Persib sudah di depan mata.

Meski tertinggal, Persib terus berusaha mencetak gol. Termasuk peluang tendangan bebas Arthur di menit ke-84 masih bisa di tepis Miswar Saputra. Hingga akhir babak kedua, skor 4-0 bertahan untuk kemenangan Persebaya.

Hafal Permainan Persib

KAWAL KETAT: Amido Balde (tengah) berusaha lepas dari kawalan pemain Persib di Gelora Bung Tomo. | Foto: Barometerjatim.com/DANI IQBAAL
KETAT: Amido Balde (tengah) dikawal ketat dua pemain Persib di Gelora Bung Tomo. | Foto: Barometerjatim.com/DANI IQBAAL

Usai laga, pelatih Persebaya, Djajang Nurdjaman mengaku sudah hafal dengan permainan Persib. Selain besar di Pesib, sudah dua laga dia mengamatinya sejak putaran kedua Liga 1 musim lalu dan penyisihan grup Piala Presiden 2019.

“Saya besar di Persib, jadi hafal permainannya. Siapapun pelatihnya, saya selalu mengikuti perkembangan Maung Bandung. Kemudian saya aplikasikan ke pemain Persebaya, alhamdulillah hasilnya positif kita menang,” kata Djajang.

Sedangkan pelatih Persib, Robert Rene Albert mengakui timnya tidak bermain dengan baik dan hasilnya sangat mengecewakan. Kecepatan pemain Persebaya tidak mampu diimbangi pemainnya.

“Tentu kami kecewa dengan hasil ini. Persebaya memiliki pemain dengan kecepatan, itu yang merepotkan pemain kami,” ujar mantan pelatih PSM Makassar itu.

Berkat tambahan tiga poin, Persebaya berada di peringkat lima klasemen sementara Liga 1 dengan mengemas 11 angka. Sedangkan Persib tercecer di posisi 12 klasemen sementara dengan enam poin.

» Baca Berita Terkait Persebaya