Sempat ‘Mati Suri’, Besok Surabaya Ramai Lagi

LENGANG: Jalan Tunjungan yang sangat padat di hari biasa berubah lengang selama lebaran. | Foto: Barometerjatim.com/ ENEF MADURY

SURABAYA, Barometerjatim.com – Mulai Senin (3/7) besok denyut Kota Surabaya akan kembali berdetak kencang pasca lebaran. Sebelumnya, sejak Hari Raya Idul Fitri, Minggu (25/6), Surabaya bak kota sepi penghuni.

Maklum, sebagian warga Kota Pahlawan adalah pendatang. Saat lebaran tiba, kebanyakan dari mereka balik kampung untuk merayakan Idul Fitri bersama sanak saudara di tanah kelahiran.

Saat lebaran lalu, jalanan di Kota Pahlawan terlihat lengang. Beberapa titik jalan raya yang biasanya macet, di antaranya Jalan A Yani dan Basuki Rahmat, berubah tanpa deru kendaraan bermotor.

Kondisi lalu lintas di depan Tunjungan Plaza yang biasanya merambat padat hingga Jalan Embong Malang, Blauran sampai Jalan Pahlawan berubah sepi. Begitu pula arah sebaliknya. Padahal di hari biasa, kepadatan lalu lintas terasa dari Jalan Pahlawan hingga Raya Darmo, terutama di sore saat jam pulang kerja.

• Baca: Mudik Lebaran, 87 Nyawa Melayang di Jalanan

Suasana lengang juga terlihat di hari kedua lebaran, Senin (26/6). Hanya beberapa kendaraan roda empat maupun roda dua yang melintas tanpa hambatan, hanya berhenti sejenak di titik traffic light.

Mereka warga asli Surabaya yang hendak berlebaran atau berwisata. Beberapa objek memang mulai ramai pengunjung, di antaranya Kebun Binatang Surabaya.

Meski lengangng, petugas dari Polresta Surabaya bersama pihak keamanan dari Pemkot dan TNI tetap menyiagakan petugas di posko lebaran. Patroli lalu lintas dan kampung juga diintensifkan.

Menurut Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol M Iqbal operasi ini dilakukan setiap hari selama lebaran. “Seratus personel gabungan berpartoli ke pos pengamanan dan posko rumah kosong,” katanya.