Seleksi PPK di Lamongan, 419 Orang Ikuti Tes Tulis

SELEKSI PPK: Ratusan orang mengikuti tes tulis seleksi PPK di Lamongan. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
SELEKSI PPK: Ratusan orang mengikuti tes tulis seleksi PPK di Lamongan. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR

LAMONGAN, Barometerjatim.com – Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi, 419 orang pendaftar calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Lamongan mengikuti ujian tulis di Gedung Sport Center, Kamis (30/01/2020).

Komisioner KPU Lamongan Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Khoirul Anam mengatakan ujian tulis merupakan bagian tahapan seleksi yang harus dilalui para pendaftar calon PPK.

“Tahapan ini adalah bagian dari proses penyaringan bagi mereka yang memiliki integritas, dan kemampuan sebagai penyelenggara Pemilu,” kata Khoirul kepada awak media.

Sedangkan materi yang diujikan, lanjut Khoirul, seputar tugas pokok penyelenggara Pemilu sebagaimana aturan perundang-undangan yang ada. Seperti halnya UU Pemilu, PKPU RI, dan aturan lainnya serta materi kearifan lokal.

“Ada 100 soal yang harus dijawab oleh peserta, dan hasilnya nanti peserta dari masing-masing kecamatan akan diambil 10 besar sesuai urutan ranking nilai, dan akan menjalai seleksi wawancara,” terangnya.

Selain itu, KPU Lamongan meminta masyarakat untuk turut serta berpartisipasi mengawal proses seleksi PPK.

“Partisipasi masyarakat diperlukan, dengan cara memberikan tanggapan terhadap proses seleksi para calon PPK jika ada yang tidak sesuai ketentuan,” tambah Ketua KPU Lamongan, Machrus Ali.

Sesuai jadwal seleksi yang ditetapkan KPU Lamongan, hasil ujian tes tulis seleksi PPK akan diumumkan 3-5 Februari 2020. Berikutnya, 28 Januari-5 Februari 2020 dibuka tanggapan masyarakat sesi pertama terhadap hasil seleksi.

» Baca Berita Terkait Pilbup Lamongan