Seleksi Popnas: Perserta Membludak, 25 Pemain Lolos

SELEKSI POPNAS: Pemain mengikuti seleksi cabor sepakbola yang digelar di Lapangan Arhanudse Gedangan Sidoarjo, Senin (24/4). | Foto: Barometerjatim.com/TOMY RABANI

SIDOARJO, Barometerjatim.com –Sepakbola masih menjadi olahraga favorit para anak muda. Buktinya, meski dibatasi jumlah peserta yang mengikuti seleksi cabang olahraga sepakbola  proyeksi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) membludak.

Total seleksi cabor sepakbola yang digelar di Lapangan Arhanudse Gedangan Sidoarjo, Senin (24/4) diikuti 109 pemain dari beberapa kota/kabupaten di Jawa Timur.

“Sebenarnya kami sudah minta setiap kabupaten dan kota untuk mengirimkan pemain terbaiknya saja. Hitungan kami awalnya sekitar 50, tapi yang datang lebih dari 100,” ujar Sekretaris PSSI Jatim, Dadik.

• Baca: Gandeng Perpani, Dispora Berburu 19 Pemanah Popnas

Karena sudah datang dari jauh, semua pemain tetap diberikan kesempatan mengikuti seleksi dengan porsi sama. Berbagai menu diberikan tim pelatih mulai pagi hingga sore hari. Hasilnya, 25 pemain sepakbola lolos seleksi tahan pertama.

Selanjutnya mereka akan mengikuti program latihan yang sudah disusun tim pelatih di bawah komando Setyo Kusmedi, “Dari jumlah tersebut akan dikerucutkan menjadi 18 pemain,” ujar Kusmedi.

Ditambahkan Kusmedi, tim pelatih akan memantau lagi skill 25 pemain saat mereka berlaga di ajang U-19 yang rencanannya digelar pada Mei mendatang. “Kita juga bekerjasama dengan pihak klub untuk memantau perkembangan pemain,” katanya.

• Baca: Minim Pesilat Putri, IPSI Surabaya Gelar Piala DLU

Selain itu, para pemain juga wajib mengikuti program latihan seminggu dua kali. Hanya saja dia masih harus menyesuaikan dengan jadwal pertandingan U-19. “Kita juga akan melakukan uji coba, intinya satu bulan sebelum Popnas sudah terpilih 18 pemain,” tandasnya.

Sementara itu Kadispora Jatim, Supratomo berharap mereka yang nantinya terpilih bisa terus mengasah kemampuan. Karena peluang mereka untuk membela Jatim di ajang nasional seperti PON 2020 terbuka lebar.

Sebab ada beberapa pemain jebolan Popnas Jatim yang terpilih masuh skuad PON Jatim. “Ini kesempatan yang harus dimanfaatkan para pemain, dan saya berharap pada Popnas mendatang sepakbola bisa menyumbang emas,” katanya.