Sekdaprov Jatim Duga Khofifah Tertular di Jember, Dari Siapa?

CURIGAI DI JEMBER: Heru Tjahjono duga Khofifah tertular Covid-19 saat kegiatan di Jember. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
CURIGAI DI JEMBER: Heru Tjahjono duga Khofifah tertular Covid-19 saat kegiatan di Jember. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawasa begitu ketat menerapkan protokol kesehatan setiap menghadiri acara. Lantas dari mana dia tertular Covid-19? Adakah orang dekatnya terjangkit kemudian menulari?

“Sebenarnya bukan tertular orang dekat,” tutur Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono kepada wartawan, Minggu (3/1/2021). Lalu? “Tapi ada petugas administrasi yang positif Covid-19,” tandasnya.

Ditanya siapa petugas administrasi yang terpapar Covid-19, Heru hanya menyebut kalau petugas tersebut ikut dalam kegiatan Khofifah di Kabupaten Jember.

“Kan ada banyak tenaga administrasi, dari BPBD juga ada. Terus pulang dari Jember, saya bilang ibu ada yang positif dan swab akhirnya,” ucapnya.

Rabu (30/12/2020), Khofifah melakukan sejumlah kegiatan di Jember. Di antaranya meresmikan Rumah Sakit (RS) Paru Jember sebagai rujukan pasien Covid-19. Hari itu, tercatat 896 kasus baru di Jatim dan tambahan 61 orang meninggal akibat Corona.

Setelah meresmikan RS, Khofifah dikabarkan mengikuti zoom bersama TPK Jember dan mengunjungi Pusat Pelatihan Kopi dan Kakao. Malam harinya lanjut menghadiri acara Haul ke-11 Gus Dur di City Forest & Farm Arum Sabil.

Khofifah pun menyempatkan bermalam di City Forest. Kamis pagi (31/12/2020) sekitar pukul 06.00 WIB, dia menikmati udara segar sambil menyusuri hutan kota tersebut sebelum melanjutkan perjalanan menuju Grahadi. Hari itu, Jatim mencatat penambahan kasus tertinggi sebanyak 935 dan penambahan angka kematian 65 orang.

Tepat di Tahun Baru, Jumat, 1 Januari 2021, Khofifah berencana meninjau banjir di Bangil, Kabupaten Pasuruan, namun urung dilakukan. Hingga esok harinya, 2 Januari 2021, gubernur yang juga ketua umum PP Muslimat NU itu mengumumkan dirinya positif Covid-19.

Heru menduga Khofifah tertular dari petugas administrasi, karena sehari sepulang dari Jember saat Forkopimda Jatim hendak menggelar doa bersama, dia mendapat informasi ada petugas administrasi yang terpapar.

“Saya bilang ke Ibu Gubernur, bahwa ada yang terpapar Covid-19, itu saat mau doa bersama. Akhirnya diputuskan jam 7 malamnya swab semua di Grahadi,” terangnya.

Heru sendiri turut mendampingi Khofifah di Jember dan telah melakukan swab, hasilnya negatif. “Kalau saya negatif. Bu Gubernur alhamdulillah kondisinya baik, klinisnya baik, masih guyon-guyon via komunikasi telepon,” tuntasnya.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona