Sapa Calon Buruh Migran, Arumi Beber Program Khofifah-Emil

MOTIVASI BURUH MIGRAN: Arumi Bachsin memberi motivasi ribuan calon buruh migran di Gempol, Pasuruan, Kamis (24/5) petang. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
MOTIVASI CALON BURUH MIGRAN: Arumi Bachsin memberi motivasi ribuan calon buruh migran di Gempol, Pasuruan, Kamis (24/5) petang. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

PASURUAN, Barometerjatim.com – Rupanya ‘ikatan batin’ antara Arumi Bachsin bersama suaminya, Cawagub Emil Elestianto Dardak dengan buruh migran cukup kuat.

Usai bersilaturahmi dengan buruh migran di Hong Kong, kali ini pasangan millenial itu bersapa dengan ribuan calon buruh migran di Gempol, Pasuruan, Kamis (24/5) petang.

Arumi yang diminta memberi motivasi kepada ribuan calon buruh migran di BLK PT Prima Duta Sejati, Gempol, Pasuruan, menuturkan, buruh migran adalah marketer terdahsyat yang dimiliki Indonesia di luar negeri.

• Baca: Kunjungi Hong Kong, Emil Paham dan Peduli Buruh Migran

“Saudara-saudara kita ini bukan saja bekerja untuk kepentingan pribadi dan keluarga, namun banyak sekali dari mereka memperkenalkan budaya, musik maupun tradisi Indonesia di luar negeri,” paparnya.

Wanita yang belakangan kerap diundang sebagai moderator dan motivator itu, mencontohkan ketika dirinya bersama sang suami berkunjung ke Hong Kong, 14 Mei lalu.

Menurutnya, banyak sekali buruh migran yang sangat aktif mengenalkan budaya tari reog, jaranan, silat, musik serta kesenian lainnya.

• Baca: Khofifah-Arumi, Dua Wanita Spesial Peduli Pendidikan Anak

“Saya salut dengan saudara-saudara kita di luar negeri, ternyata banyak dari mereka yang tetap menjaga kesenian dan tradisi kita, bahkan memperkenalkannya di level internasional,” tuturnya.

Arumi juga berpesan kepada para buruh migran memperkuat skill agar menjadi tenaga profesional. Bahkan, menurutnya, mereka harus memanfaatkan waktunya di luar negeri untuk belajar. Dengan begitu, sekembalinya ke Indonesia sudah punya bekal yang diperoleh ketika bekerja di luar negeri.

• Baca: Hadiri Seminar Milenial Malang, Arumi Disambut Histeris

“Bagi saya buruh migran adalah duta terbaik bangsa yang bekerja di luar negeri. Jaga nama baik Indonesia dan kenalkan seluruh pesona Indonesia di dunia internasional,” tuturnya yang disambut aplaus ribuan calon buruh migran.

Dia juga menyampaikan, bahwa pasangan Khofifah-Emil sudah merumuskan program untuk buruh migran, di antaranya koperasi buruh migran Indonesia, perumahan buruh migran, serta sertifikasi purna buruh migran. Program yang dirumuskan ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan buruh migran selama ini.

“Ibu Khofifah dan Mas Emil sudah punya program khusus buruh migran, karena bagi kami buruh migran tidak hanya pahlawan devisa namun juga marketer terdahsyat Indonesia untuk dunia,” pungkasnya.